Aneh, Pisang Sepanjang 2 Meter

 446 total views,  2 views today

 

Terlihat seorang warga memegang tandan pisang setinggi dua meter.

Terlihat seorang warga memegang tandan pisang setinggi dua meter.

PAGARALAM KS-Tak selazim pohon pisang seperti biasanya, warga berduyun-duyun menyaksikan  buah pisang dengan tangkai (tandan-red) sepanjang sekitar 2 meter milik warga RT 03 RW 01 Dusun Tenggalangan, Kelurahan Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah.

Pohon yang menarik perhatian sejumlah pengunjung ini berumur sekitar 1 tahun, baru diketahui Abu Bakar pemilik pohon pisang sekitar satu pekan terakhir. Awalnya pohon ini mengeluarkan jantung secara normal, seperti pohon pisang pada umumnya. Namun sejak beberapa hari lalu, tandan pisang terus memanjang hingga 2 meter dan warga setempat terus berdatangan untuk menyaksikan pohon aneh tersebut.

“Awalnya jantung pisang yang keluar dari pohon itu biasa-biasa saja, tapi sejak satu pekan terakhir tandannya terus memanjang hingga 2 meter. Sementara sejumlah warga terus berdatangan untuk menyaksikan hal aneh yang jarang sekali ditemukan,” kata Surina, orang tua Abu Bakar, kemarin (9/2).

Dikatakan Surina, pohon pisang yang ditanam anaknya dipekarangan rumah itu telah berumur sekitar 1 tahun dengan bibit pohon yang diperoleh dari sanak keluarganya yang berada di Dusun Rimba Candi,  Kecamatan Dempo Tengah. Saat ini pohon tersebut  telah memunculkan tandan pisang yang tak sama seperti pohon pisang pada umumnya. Sementara pohon pisang tempat dimana mendapatkan bibit tersebut biasa-biasa saja mengeluarkan tandan pisang normal seperti kebanyakan pohon pisang yang tumbuh.

“Setelah diperhatikan, tandan pisang puan (pisang susu-red) terus memanjang sejak 1 pekan terakhir hingga menarik kedatangan warga setempat maupun lainnya untuk menyaksikan tumbuhan aneh dengan tandan 2 meter,” ujarnya.

Awaludin, warga setempat yang ikut menyaksikan pohon tersebut sempat merasa heran ada tandan pisang tumbuh seperti itu. Ia mengatakan, pisang aneh tersebut telah menarik perhatian warga sekitar secara berduyun-duyun untuk menyaksikan tandannya yang terus memanjang hingga 2 meter.

“Saya baru kali ini menyaksikan ada pohon pisang dengan tandan sepanjang 2 meter,” katanya seraya berujar sedangkan induk pohon tersebut sebelumnya menghasilkan  tandan pisang secara normal, tidak sama seperti generasi pohon yang ada saat ini.

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hultikultura Kota Pagaralam, Jumaldi Jani ST mengatakan, sepanjang sepengetahuan pihaknya tidak ada bibit pohon pisang yang dapat menghasilkan tandan sepanjang dua meter maupun dapat menghasilkan tandan sebanyak lebih dari satu tandan setiap pohonnya.

“Pohon pisang bertandan sepanjang 2 meter milik warga Dusun Tenggalangan, Kelurahan Pelang Kenidai, merupakan pohon pisang aneh. Sejauh ini kita belum terdengar ada yang ahli tanaman yang dapat mengahasilkan bibit pohon pisang dengan tandan sepanjang 2 meter ataupun lebih dari satu tandan dalam satu pohon pisang,” kata Jumaldi seraya berujar meskipun tekstur tanah yang subur maupun pupuk tanaman yang baik tetap saja tidak dapat menghasilkan banyak tandan dalam satu pohon apalagi sepanjang 2 meter.

 

TEKS         : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster