Realisasi BPHTB Capai 12 Persen

 219 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG, KS-Berdasarkan catatan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang, sampai 30 Januari 2014, pencapaian pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp 14,6 miliar, artinya sudah capai 12,61 persen, dari target sebesar Rp 83 miliar di tahun ini.

Kepala Bidang PBB dan BPHTB Dispenda Palembang, Oktoriyanis Mahmud mengatakan, pencapaian tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu. “Karena pencapaian pajak September 2013 saja baru 30 persen saja, artinya pencapaian sekarang bisa dikatakan membaik jika dibandingkan dengan tahun lalu,” ungkapnya, Jum’at (7/2).

Menurut Oktoriyanis, pencapaian tersebut, salah satunya dikarenakan, pihaknya menerbitkan surat pemberitahuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) disampaikan awal tahun. Biasanya, NJOP tersebut disampaikan pada September. “Sekarang pemberitahuan NJOP, kita sampaikan di Januari, jadi mereka mengetahuinya lebih cepat sehingga persentasenya cukup meningkat,” katanya.

Oktoriyanis mengaku, tahun ini, target pajak untuk BPHTB meningkat sekitar Rp 3 miliar. Sebelumnya tahun 2013 hanya Rp 80 miliar, sementara tahun 2014 sebesar Rp 83 miliar. “Mudah-mudahan target tersebut dapat tercapai, bahkan kita harapkan lampaui target yang ditentukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi BPHTP Dispenda Palembang, Frans Noviet Dahari mengatakan, dalam transaksi jual beli tanah, yang menjadi subjek pajak BPHTB, adalah orang pribadi. “Karena harga transaksi bisa lebih besar atau bisa juga lebih kecil dari NJOP,” ucapnya.

Frans menjelaskan, saat melakukan jual beli tanah dan bangunan, pembeli maupun penjual akan dikenakan pajak. Yakni penjual akan dikenakan pajak penghasilan (PPh) atas uang pembayaran harga tanah yang diterimanya.

“Sementara pembeli, akan dikenakan BPHTB atas perolehan hak atas tanahnya. BPHTB dikenakan bukan hanya pada saat terjadinya jual beli tanah, tapi juga terhadap setiap perolehan hak atas tanah dan bangunan, tukar menukar, hibah, waris, dan lainnya,”tukasnya

 

TEKS               : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster