Meriah, Lomba Bidar di Tj Atap Barat

 378 total views,  2 views today

Salah satu peserta lomba bidar saat melakukan pertandingan

Salah satu peserta lomba bidar saat melakukan pertandingan

*Diselenggarakan Puskaptis dan Indomatrik

Meriah, kata ini yang tepat menggambarkan pelaksanaan Lomba Bidar yang diselenggarakan di Desa Tanjung Atap Barat, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Rabu (5/2).

Bagaimana tidak, rmasyarakat tumpah ruah untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati OI, Mawardi Yahya yang diwakilkan Asisten III, Wilson Effendi Lomba yang digelar oleh Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan (Puskaptis), Indomatrik itu diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten OI ke-10 dan HUT Desa Tj Atap Barat ke-7.

44 tim dari desa-desa di Kabupaten OI, mengikuti kegiatan ini. “Ini kita lakukan untuk melestarikan budaya masyarakat OI,” kata Direktur Eksekutif Puskaptis dan Indomatrik, Husin Yazid.

Putra asli Tanjung Atap ini berharap, kegiatan itu mampu menggali potensi kebiasaan positif masyarakat OI yang secara geografis dikelilingi anak sungai. “Bidar merupakan acara tradisional yang merakyat dañ digemari. Dengan Bidar akan mampu menggali dan tumbuh kembangkan wisata air plus wisata budaya dengan ke makam Sayyid Umar Baginda Sari,” kata Husin.

Ini kata Husin akan berdampak positif terhadap masyarakat. Terjalin keakraban dan silaturahmi antara masyarakat Talang dan Pegagan. “Lalu, dapat mendatangkan datangkan income bagi masyarakat kecil, khususnya pedagang. Bahkan bila dapat dikelola dengan baik bukan tidak mungkin akan mendatañgkan PAD bagi pemerintah daerah,” tukasnya. (adv)

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster