Kerukunan Warga Menentukan Nasib PALI

 424 total views,  2 views today

 

Herry, kepala desa Sinar Dewa berpose bersama penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo dan pejabat Eselon II Kab PALI seusai pelantikan.

Herry, kepala desa Sinar Dewa berpose bersama penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo dan pejabat Eselon II Kab PALI seusai pelantikan.

-Bupati Lantik Kades Sinar Dewa

PALI | KS-Meski sepele, kerukunan antar warga ternyata akan menentukan nasib Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kedepannya. Tidak menutup kemungkinan, pemerintah pusat dan DPR RI membatalkan pembentukan kabupaten yang belum genap setahun berdiri ini dan dikembalikan lagi ke Muara Enim, sebagai kabupaten induk.

“Bila kita sering bentrok, keamanan tidak terjamin karena kita sering ribut. Bisa saja pemerintah pusat mengembalikan kita untuk bergabung kembali dengan Muara Enim” kata Ir H Heri Amalindo MM, penjabat Bupati PALI dihadapan warga Desa Sinar Dewa kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI, Jumat (7/2) usai melantik Herry sebagai Kepala Desa Sinar Dewa.

Karena itu, Heri meminta agar seluruh warga membina dan menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan antar warga. Sehingga tercipta suasana yang nyaman bagi seluruh masyarakat. “Kalau semuanya tentram dan nyaman, pemerintah juga bisa fokus dalam membangun,” tambahnya.

Untuk membina kerukunan antar warga ini, menurut Heri, bisa dimulai dari hal terkecil yaitu antar tetangga dan antar warga desa. “Bisa dimulai dari antar warga ditingkat terbawah. Dan ini menjadi tugas kepala desa untuk mengayomi seluruh warga tanpa pilih kasih atau pandang bulu. Karena kades itu pemimpin seluruh warga tanpa terkecuali. Bukan pemimpin pendukungnya saja. Mari kita bina bersama seluruh warga,” urai suami Ir Hj Sri Kustina ini.

Bentrok atau kisruh antar warga, dalam pandangan Heri Amalindo justru akan menyengsarakan warga sendiri. Segala kekayaan sumberdaya alam atau kemajuan yang diperoleh justru tidak ada artinya bila antar warga selalu bentrok.

“Lihat saja negara Suriah, sebagai negara keempat penghasil minyak terbesar didunia sekaligus negri kaya. Warganya justru harus mengungsi. Selain itu kondisinya saat ini kelaparan dan kesulitan air bersih. Ini semuanya terjadi karena antar penduduknya bentrok dan ribut. Kita jangan sampai seperti itu. Jadikan sebagai pelajaran bagi kita,” ungkap Heri Amalindo.

Sebelumnya, disaksikan ratusan warga, Heri Amalindo secara resmi melantik Herry sebagai kepala desa Sinar Dewa. Herry dilantik sebagai kepala desa menggantikan Zulkipli, yang wafat sebelum masa tugasnya berakhir.

Sinar Dewa menjadi desa terakhir yang menggelar pemilihan kepala desa di tahun 2013 di kabupaten PALI. Herry memenangkan pilkades yang digelar secara damai dan lancar.

Herry, yang ditemui seusai pelantikan mengungkapkan akan mengemban amanah yang diberikan warganya dengan sebaik-baiknya. “Insya Allah, kami akan bekerja sebaik-baiknya. Kami juga mohon bantuan dan dukungan seluruh warga agar dapat bekerja dengan baik,” ungkap suami Devi Nirwana ini.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor         : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster