Bentuk Pemilih Pemula Berkualitas

 221 total views,  2 views today

Ilustrasi DPT

Ilustrasi DPT

PALEMBANG, KS-Dari 5,7 juta pemilih di Sumatera Selatan (Sumsel) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel mencatat, ada sekitar 30 persennya adalah pemilih pemula.

Karenanya menurut Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah, Palembang, Khairil Anwar Simatupang, dibutuhkan pendidikan politik untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula untuk membangun kesadaran politik.

“Sebab itu, kami akan menggelar dialog interaktif dan pendidikan politik untuk pemilih pemula. Kegiatan ini, akan digelar pada 10 Februari mendatang di Akademik Center IAIN Raden Fatah, “kata Khairil, kemarin.

“Kegiatan ini,  juga bagian dari sosialisasi dan pendidikan poltik bagi pemilih pemula dalam persiapan menghadapi Pileg 2014. Sehingga, ini diharapkan bisa membentuk pemilih pemula yang berkualitas dan siap berperan aktif dalam agenda pesta demokrasi khususnya di Sumsel,” ujar Khairil.

Khairil menjelaskan, dalam kegiatan tersebut akan dibahas berbagai persoalan di Pileg seperti aturan Undang-Undang (UU). Dengan begitu diharapkan pemilih pemula timbul kesadaran politiknya, sehingga bisa menggunakan hak suaranya secara cerdas.

“Untuk peserta, kami memprakirakan sekitar 1000 orang. Pesertanya berasal dari mahasiswa dari perguruan tinggi (PT) Sumsel dan pelajar SMA di Kota Palembang, yang sudah memiliki hak suara di Pileg dan Pilres,” tegasnya.

Dialog interaktif dan pendidikan politik bagi pemilih pemula tersebut sebutnya,  direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, yang nantinya juga akan menjadi salah satu nara sumber. “Disela kegiatan itu, akan diselenggarakan pelantikan pengurus Dema IAIN Raden Fatah,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Pemprov Sumsel, Akhmad Najib menyebut pemprov sangat mendukung dan memberikan apresiasi digelarnya dialog interaktif dan pendidikan politik bagi pemilih pemula tersebut.

“Ini merupakan salah satu kontribusi mahasiswa untuk membangun suatu negara, untuk itu kami sangat mendukung acara ini. Namun mengenai permintaan dukungan yang berbentuk dana, akan kami pelajari dulu,” tukasnya.

 

TEKS               : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster