Alasan Pariwisata Daerah Sulit Berkembang

Benteng Keraton Buton (Foto: Mutya/Okezone)

barupost.com, JAKARTA –Geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan menjadi suatu kelebihan. Indonesia kaya destinasi wisata, sayangnya kondisi ini pula yang menjadi rintangan pengembangannya.

Akibat kondisi geografis yang berbentuk kepulauan, pembangunan infrastruktur di Indonesia tidak merata. Alhasil, yang berkembang hanya destinasi tertentu.

“Destinasi di daerah lambat perkembangannya, inilah salah satu masalah dalam pengembangan pariwisata di Indonesia,” kata Johnnie Sugiarto, CEO El John Indonesia, dalam dalam diskusi “Indonesia Tourism Outlook and Challenges 2014” di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, pemerintah daerah harus bisa mengelola dan memperbanyak destinasi yang ada di daerahnya semaksimal mungkin. “Dengan banyak destinasi, wisatawan juga bisa tinggal di Indonesia lebih lama,” tutur Johnnie.

Indonesia, menurut Johnnie, sudah punya modal berupa sumber daya alam yang luar biasa. “Tapi aksesibilitasnya sulit, mahal, dan tidak banyak,” ujarnya.

“Contohnya saja saat high season, tiket cepat sekali habis, membuat turis susah mencapai objek wisata. Ini berarti kita juga harus menambah seat capacity ke destinasi-destinasi wisata di Indonesia,” tukasnya.





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com