96.848 Ibu di OKI ‘Suntik’ Gizi

 148 total views,  2 views today

 

KAYUAGUNG I KS-Sebanyak 96.848 ibu dan anak, bayi dan balita di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) diberikan gizi, dalam program pemberian vitamin A di Desa Lebung Batang, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kamis (6/2).

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan kabupaten OKI H M Lubis, berdasarkan gerakan yang diamanatkan kementrian kesehatan, Pemkab OKI melakukan program gerakan sadar gizi. “Untuk dikabupaten OKI ada     96.848 ibu dan anak jadi sasaran program pemberian vitamin A 2014,” katanya.

Dari jumlah tersebut dirincikan oleh Lubis, pemberian gizi untuk bayi umur 0-12 bulan sebanyak 17.042, kemudian untuk balita umur 1-59 bulan sebanyak  61.903 Kemudian untuk ibu bersalin sebanyak 17.903.

“Kita yakin program tersebut dapat terealisasi sesuai dengan target akan kita capai,” rincinya.

Kata Lubis, program pemberian vitamin A di kabupaten OKI di tahun 2013 telah tercapi target.”Cakupan vitamin A untuk bayi sebesar 90%, anak balita sebesar 81,48% dan ibu nifas sebesar 95,71%.”

Pemeberian vitamin untuk bayi dan ibu ini tujuanya tidak lain untuk menekan angka kematian ibu dan anak di kabupaten OKI, dan untuk menjadikan anak-anak di OKI tumbuh menjadi anak yang berkualitas,” terangnya.

Dijelakanya, bahwa pemberian vitamin A sangat penting, karena zat gizi tidak bisa di buat oleh tubuh dan harus dipenuhi dari luar.Vitamin A Gunanya untuk kesehatan mata, untuk mencegah kebutaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Kapsul vitamin A dosis 200.000 SI terbukti efektif untuk mengatasi masalah kekurangan vitamin A pada masyarakat apabila cakupanya minimal 80%, cakupan tersebut bisa tercapai apabila seluruh jajaran kesehatan dan sektor terkait dapat menajalan perananya dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati OKI Iskandar didampingi Wabup OKI M Rifai, meminta kepada intansi terkait di jajaran pemerintah termasuk PKK kabupaten OKI dapat mensukseskan program 1000 hari pencanangan Sadar. Gizi dengan pemberian  Vitamin A.

“Pembangunan  Kabupaten OKI yang berkualitas harus didukung oleh Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, untuk membentuk SDM yang berkualitas harus, anak-anak kita harus diperhatikan asupan gizinya agar menjadi orang yang cerdas dan berguna bagi masyarakat banyak,” terangnya.

Selain itu menurut Iskandar dengan pemberian Vitamin A dapat menekan angka kematian ibu dan anak sejak sekarang.

 

TEKS          : DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster