Tunggakan Listrik Capai Rp7,5 M

 292 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

-PLN Akan Gandeng Pemkab PALI

PALI | KS-Kesadaran masyarakat untuk membayar tagihan rekening listrik di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), nampaknya masih rendah.

Pasalnya, hingga saat ini, PT PLN (Persero) area Lahat rayon Pendopo mencatat, tunggakan listrik mencapai Rp7,5 miliar. Jumlah tersebut tercatat hingga 31 Januari 2014.

Untuk itu, PLN berencana akan menggandeng Pemkab PALI untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Manager PT PLN (Persero), area Lahat Rayon Pendopo, M Rasyid, Kamis (6/2) menjelaskan, untuk area PT PLN Rayon Pendopo, mencakup Kabupaten PALI, Muara Enim dan sebagian Prabumulih, Muba, serta Mura.

“Area PT PLN rayon Pendopo saja cukup luas wilayahnya,” ungkap Rasyid yang baru menjabat satu minggu sebagai Manager PT PLN rayon Pendopo ini.

Diakuinya, saat ini tunggakan pelanggan PT PLN rayon Pendopo per 31 Januari 2014 ini mencapai Rp10,5 M. Untuk Kabupaten PALI, tunggakan pelanggan PLN sebesar Rp7,5 M.

“Ini tugas berat saya untuk mengatasi tunggakan pelanggan PLN area Pendopo,” ujar Rasyid.

Sebagai langkah penyelesaian itu, sambung Rasyid, pihaknya melakukan pendekatan secara persuasif dalam menyelesaikan tunggakan tersebut. “Kami datangi seluruh area pelanggan-pelanggan yang banyak tunggakan pembayaran. Ya, kita jelaskan agar mereka mau membayar tunggakan serta membayar iuran PLN setiap bulannya,” imbuhnya.

Bahkan, pihaknya juga sudah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) PALI khususnya DPPKAD dan Pol PP untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Ini kan juga ada duit Pemkab PALI, kita sama-sama unttuk tagih duit. Karena ada setor pajak penerangan jalan (SPJ),” ucapnya.

Memang, dikatakan dia, tunggakan listrik banyak dari rumah tangga. “Hampir lebih separuhnya tunggakan dari pelanggan rumah,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau agar para pelanggan untuk segera melunasi rekening listrik. “Ya, apabila terpaksa kita lakukan pemutusan aliran listrik PLN dan kWh meter akan dibawa ke kantor PT PLN (Persero) rayon Pendopo,” tegas Rasyid.

Pihaknya juga memberikan program undian bagi pelanggan yang pembayarannya tepat waktu terus. “Ya, kita berikan undian satu sepeda buat pelanggan yang bayar tepat waktu,” imbuhnya.

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster