Sekda : Jadi Guru Tidak Gampang

 242 total views,  2 views today

Sekda PALI bersama kadisdikpora dan narasumber

Sekda PALI bersama kadisdikpora dan narasumber

PALI | KS-Menjadi guru itu tidak gampang. Bukan hanya diwajibkan menyampaikan materi pelajaran kemudian melakukan tes kepada siswa hingga mendapat nilai 100 semata. Peran guru justru lebih berat lagi. Karena segala tindak tanduk seorang guru akan digugu dan ditiru masyarakat.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten PALI, Drs HM Isnaini MPd kepada ratusan guru di Gedung Pesos Pendopo Talang Ubi, Kamis (6/2), saat membuka Seminar Nasional Meningkatkan Kualitas dan Pangkat Guru yang diadakan Dinas Dikbudpora Kabupaten PALI dengan menggandeng Lembaga Informasi Pembangunan Nasional (Lipnas), Jakarta.

Isnaini yang baru satu hari menjabat Sekda itu juga mengungkapkan, tuntutan masyarakat pada pribadi dan kualitas guru itu menyebabkan peran guru mendapat posisi terhormat ditengah masyarakat.

“Penghormatan masyarakat terhadap guru sangatlah tinggi. Kadangkala kita dipanggil Mas guru atau sebutan terhormat lainnya. Kemudian dalam berbagai kesempatan kita senantiasa selalu didahulukan,” jelas Isnaini yang berlatar belakang guru psikologi di sebuah SPG Negri ini.

Posisi strategis guru ini, lanjut Isnaini, tidak luntur oleh perkembangan zaman. Karena itu ia meminta kepada para guru untuk menjaga agar penghormatan terhadap peran guru tidak luntur.

Selain itu, sambung Isnaini, saat ini Pemkab PALI dibawah kepemimpinan Ir H Heri Amalindo MM memiliki komitmen yang tinggi untuk mensejahterakan para guru.

Sebelumnya, Kepala Dinas Dikbudpora Drs M Amin MM menyampaikan, Seminar Nasional Peningkatan Mutu dan Kenaikan Pangkat Guru ini diikuti 256 peserta yang merupakan guru SD, SMP dan SMA.

Seminar ini menurut Amin ditujukan untuk meningkatkan mutu para pendidik yang ada di Kabupaten PALI. Selain itu, diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan karier mereka.

“Pemerintah memberikan kesempatan kepada setiap guru untuk meningkatkan karir dan kepangkatan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan guru. Dengan diadakannya seminar ini, bukan hanya kesejahteraan guru yang meningkat. Tetapi mutunya dapat ikut meningkat pula,” jelas Amin.

Hadir sebagai pembicara adalah Prof Dr Mat Suroh, Kepala Lembaga Informasi Pembangunan Nasional (Lipnas), Prof Dr Farida Aryani, Mat Jeni MM MPd dan Ikshan Juli MPd yang semuanya didatangkan khusus dari Jakarta.

 

Teks/Foto   : Indra Setia Haris

Editor           : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster