Impikan Adipura Kencana

 148 total views,  2 views today

adipura

PALEMBANG, KS – Wali Kota Palembang, Romi Herton mengimpikan Piala Adipura Kencana bisa dibawa ke Palembang. Pasalnya, selama 8 tahun terakhir, kota empek-empek ini tidak pernah meraih Adipura Kencana.

“Kalau Adipuranya kita dapat terus selama delapan tahun berturut-turut,  namun kalau untuk Adipura Kencana kita belum pernah meraihnya. Karenanya kita harus bisa merebut Adipura Kencana,” kata Romi yang dibincangi, Kamis (6/2).

Romi menyebut, masih kecilnya nilai dibeberapa titik dalam penilaian pertama Adipura Kencana, hanyalah pada persoalan kebersihan dan keindahannya saja. Namun sebut Romi, Palembang sudah masuk dalam penilaian standar Adipura.

“Kalau untuk penilaian Adipura, kita sudah masuk. Sekarang bagaimana kita memaksimalkan nilai yang kurang itu, agar bisa meningkat sehingga bisa masuk katagori Adipura Kencana,” ucapnya.

Selama ini sambung Romi, Kota Surabaya lah yang selalu menjadi langganan peraih Adipura Kencana. Namun dibawah kepemimpinannya, Palembang tegasnya harus mampu membawa Adipura Kencana.  Untuk itu sambungnya, dibawah kepemimpinannya, pemkot akan bekerja keras untuk meraihnya.   “Memang kita sudah bekerja, kedepannya akan lebih kita tingkatkan lagi, malam pun kita akan bekerja, dan tidak lupa kita juga minta kepada sang pencipta,”sebutnya.

Sambungnya, ia akan turun secara langsung ke lapangan untuk mengecek masalah kebersihan, di sembilan titik yang nilainya di bawah standar. “Kita cari kendala mereka, dan akan kita berikan solusi agar kebersihan dan keindahannya semakin diperbaiki lagi,” ujarnya.

Romi mengaku, pihaknya sudah memberikan himbauan kepada usaha pertokoan,  pasar untuk menyediakan kotak sampah. “Jika memang mereka tidak menuruti, kita akan berikan sanksi tegas kepada mereka, karena salah satu sembilan titik nilai dibawah standar, adalah pertokoan dan pasar,” akunya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup, R Sudirman mengatakan, pemkot seharusnya lebih meningkatkan penataan taman dan kebersihan untuk meraih Adipura Kencana 2014. “Dari 19 titik yang menjadi titik penilaian pertama Adipura Kencana, sembilan diantaranya belum memenuhi standar,” bebernya.

Menurut Sudirman, kalau Pemkot Palembang dan masyarakat berkomitmen dan bekerja sama dalam mencapai predikat keindahan taman dan kebersihan kota, maka akan mampu mendongkrak nilai dari sembilan titik yang belum memenuhi standar tersebut.

“Kegagalan Palembang meraih Adipura Kencana tahun lalu, karena minimnya kader lingkungan yang berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan mendorong keindahan kota, aktifnya kader lingkungan dalam berpartisipasi menjaga kebersihan dan menata taman menjadi nilai penting untuk meraih Adipura Kencana,” tukasnya.

 

TEKS               : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster