Banyuasin Dijatahi 15 Ribu Siswa

 231 total views,  2 views today

Ilustrasi.

Ilustrasi.

*Bantuan untuk Siswa Miskin

BANYUASIN, KS-Dana bantuan siswa miskin (BSM) untuk pelajar SD,SMP dan SMA di Kabupaten Banyuasin, akan segera dicairkan akhir bulan ini.  Kepala Dinas Pendidikan Banyuasin, Merki Bakri, saat dihubungi, membenarkan dana tersebut akan segera dicairkan pada pada akhir Februasi ini.

“Rencananya Februari ini, dana itu sudah bisa cair dan secara simbolis akan diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan yang akan datang ke Banyuasin. Kami sudah menghubungi pihak kementerian, sekarang tinggal menentukan jadwal kedatangannya,” tegas Merki, Kamis (06/02)

Dikatakan Merki, awalnya  Diknas Banyuasin telah menyerahkan 21.000 data siswa penerima BSM ke Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Namun ditolak, karena Kemendiknas hanya mengalokasikan kuota 15 000 siswa saja, sementara sisanya 6.000 lagi terpaksa ditunda dulu.

Dijelaskannya, dana BSM it, akan dikirimkan langsung ke rekening masing-masing penerima, pertiga bulan. Untuk murid SD mendapat bantuan Rp 500 ribu pertiga bulan, SMP Rp 700 ribu pertiga bulan dan SMA Rp 1 Juta pertiga bulan. “Tapi siapa saja yang akan mendapat bantuan, masih menunggu informasi dari pusat,” sebutnya.

Penyeleksian siswa yang diajukan menerima tunjangan BSM itu, menurut Merki dilakukan langsung oleh pihak sekolah. Kemudian data itu diserahkan ke UPTD, diteruskan ke Diknas baru kemudian Diknas mengusulkan ke kementerian.  “Jadi yang menilai layak tidak layaknya, pihak sekolah masing-masing. Karena mereka yang lebih faham kondisi siswa,” ungkapnya.

Kemudian, terkait adanya caleg DPR RI dan DPRD Banyuasin yang diperiksa Panwaslu karena diduga mendompleng dana BSM untuk mendongkrak suaranya di pemilu 20014, Merki tidak bsa berkomentar banyak.

“Itu masalah politik, jangan dikaitkan dengan pendidikan. Yang jelas dana BSM, tidak ada hubungannya dengan politik, masalah ada yang mendompleng atau semacamnya, ada pihak yang berewenang menangani hal itu,” tukasnya.

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster