Alex Akui PALI Masih Serba Kekurangan

 282 total views,  2 views today

Alex Noerdin

Alex Noerdin

-Janji Akan Priortaskan Pembangunan PALI-

PALI | KS-Sebagai kabupaten yang baru terbentuk, Daerah Otonom Baru (DOB), Penukal Abab Lematang Ilir masih banyak kekurangan. Baik dalam Sumber Daya Manusia, pelayanan masyarakat maupun infrastruktur pendukung.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Selatan Ir H Alex Noerdin SH kepada masyarakat  saat mengunjungi Kabupaten PALI, Rabu (5/2).

Menurut mantan Bupati Muba dua periode ini, kekurangan itu sangatlah lumrah bagi kabupaten yang baru terbentuk. “Dulu waktu saya pertama kali jadi bupati juga begitu. Saat itu, Kabupaten Muba merupakan kabupaten paling terbelakang di Sumatera Selatan. Namun tiga tahun setelah itu kabupaten MUBA justru melejit menjadi yang terdepan,” katanya.

Kekurangan yang dialami oleh Kabupaten PALI, Alex berpendapat justru akan menguntungkan bila dipimpin oleh bupati yang pintar. “Justru lebih enak kalau bupati orangnya pintar karena bisa membangun dari tidak ada, dari yang terbelakang menjadi kabupaten yang mampu berlari dengan cepat,” tambahnya.

untuk itulah, lanjut Alex, dirinya menunjuk seorang Teknokrat Profesional sebagai penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir. “Heri Amalindo itu sudah ikut saya sejak menjabat Bupati Muba. Saya percaya pada kemampuan Heri Amalindo. Dengan potensi sumberdaya alam, potensi pertanian dan perkebunan saya yakin dalam waktu tidak sampai tiga tahun PALI akan jadi kabupaten terdepan di Indonesia,” harapnya.

Alex juga meminta seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten PALI harus fokus mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan. Dan itu adalah perbaikan infrastruktur.

Alex berpesan agar dalam mengelola anggaran, Pemkab PALI jangan dulu memikirkan fasilitas bupati dan DPRD. “Jangan dulu memikirkan kantor bupati dan jangan pula memikirkan membangun gedung DPRD tapi pikirkan dulu kesejahteraan rakyat. Boleh membangun kantor Bupati dan DPRD bila kebutuhan pokok rakyat sudah tercukupi. Jalan sudah mulus semua, rumah sakitnya sudah memadai, Listrik dan air bersih sudah cukup dan rakyat sudah sejahtera,” bebernya.

Namun demikian, Alex tidak melarang bila Pemkab PALI melakukan perencanaan, seperti menyusun master plan dan sebagainya. Tapi pembangunannya tetap menunggu semua kebutuhan rakyat sudah terpenuhi.

Alex menyadari bahwa tantangan yang dihadapi sangat besar. Terutama masalah SDM. “Tadi saya lihat pejabatnya masih lucu-lucu. Tapi tidak apa. Namanya juga baru. Dan itu akan jadi tantangan bagi bupatinya,” jelasnya.

Guna mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten PALI, Alex mengaku sudah merencanakan pembangunan Rumah Sakit Pratama di Tanah Abang. Rumah sakit berkapasitas 50 tempat tidur itu menurut Alex merupakan rumah sakit berstandar modern.

 

Teks/foto  : Indra Setia Haris

Editor         : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster