Optimalkan Pasar Bawah

 364 total views,  6 views today

Ilustrasi Pasar

Ilustrasi Pasar


LAHAT KS-Rampungnya pembangunan Pasar Bawah yang terletak di kangkungan Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Kota Lahat, maka Rabu 5/2 kemarin, pasar tradisional yang desaignnya khusus untuk lapak bagi pedagang yang menjual dagangan yang mengandung air (Basah) seperti ikan, udang, dan lain sebagainya ini, secara resmi dibuka Wakil Bupati Lahat Marwan Mansyur, SH, MM.

Pada acara peresmian pasar bawah ini, selain sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pihak kepolisian yang hadir, juga terlihat sosok Ir. Sri Meliana Riva’i, seorang Calon Anggota DPR. RI  asal Kota Lahat yang juga merupakan saudara kandung Bupati Lahat H. Saifudin Aswari Riva’i, SE.

Dalam pidato pembukaannya, Marwan menyampaikan bahwa Pasar Bawah yang tersebut dibangun melalui dana APBN tahun anggaran 2013 lalu ini, dengan tujuan untuk mengakomodir semua pedagang yang kian lama makin banyak peminatnya.

“Karena Pasar Tradisional Modern (PTM) Squer yang ada dikelurahan Pasar Lama itu sudah tidak mampu lagi menampung sejumlah minat dagang warga Kota Lahat ini. Maka pemerintah Kabupaten Lahat, melalui kementrian perindustrian dan perdagangan yang dibantu dinas pasar mencarikan solusi bagi para pedagang yang belum mendapatkan lapak (Tempat berkedai dagangan)”, kata Marwan.

Untuk itu, lanjut Marwan. Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, terutama kepala dinas perdagangan Drs. Suhirdin dan Drs. Irfan Ilyas selaku kepala dinas pasar Kabupaten Lahat, yang telah bekerja keras untuk mewujudkan pembangunan pasar bawah ini”, terang Marwan.

Selain itu, Marwan juga meminta kepada semua pedagang dan dinas pengelolaan pasar yang akan menjadi coordinator tekhnis penempatan para padangan agar tetap menjaga  bangunan pasar bawah tersebut, agar tidak cepat rusak dan dapat dimanfaatkan untuk jangka yang lama. “Pasar ini dibangun untuk dapat digunakan sebaik baiknya, untuk itu mari kita sama sama juga menjaga bangunannya”, ujarnya lagi.

Semantara kepala dinas pengelolaan pasar dan kebersihan kota Lahat Drs. Irfan Ilyas, saat ditanya tentang bagaimana tekhnis pembagian lapak dipasar tersebut , Irfan menjawab akan dilakukan undian terlebih dahulu.

“Nantilah, kita akan tunggu dulu pendaftarannya. Jika nanti sudah cukup mencapai kapasitasnya sebanyak 204 pedagang, baru akan kita adakan undian terlebih dahulu sebelum menampatinya”, pungkas Irfan, sembari menambahkan bahwa pengundian lapaknya direncanakan akan dilaksanakan pada Jumat mendatang.
TEKS          : JUMRA ZEFRI

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster