Ekspedisi Kemanusiaan Bantu Warga OI

 87 total views,  3 views today

ILst. Antarafoto.com

ILst. Antarafoto.com

INDERALAYA KS – Sebanyak 25 orang rombongan Tim Ekspedisi Kemanusiaan dari Kementrian Sosial, Rabu (5/2) mengunjungi Kabupaten Ogan Ilir (OI) dalam rangka memberikan bantuan dan pengobatan gratis bagi masyarakat lanjut usia dan penyandang cacat di Bumi Caram Seguguk.

Ketua Tim Ekspedisi, Nahar mengungkapkan, tim tersebut terbentuk pada 25 Januari 2014, saat terjadinya bencana banjir di beberapa daerah dan letusan Gunung Sinabung baru-baru ini, sehingga Kemensos berinisiatif untuk terjun langsung turun ke lapangan memberikan bantuan.

“Kegiatan ini pun terus berlanjut hingga mempunyai target untuk berkeliling Nusantara memberikan pengobatan dan bantuan langsung kepada masyarakat dengan turun ke daerah-daerah yang terkena bencana,” ujarnya.

Ia menambahkan, Ogan Ilir merupakan titik ketujuh yang dikunjungi setelah Provinsi Aceh dan provinsi lainnya. Dari 25 orang tim ekspedisi didalamnya terdapat 15 orang tim medis.

“Nantinya selain kita melakukan bakti sosial dan melakukan rehab rumah, kita juga akan melakukan pengobatan gratis, sunat massal, dan memberikan bantuan alat kesehatan bagi penyandang cacat serta uang Rp 300ribu bagi penyandang cacat dan Rp 200.000 bagi lansia perbulan,” tuturnya.

Masih kata Nahar, untuk rehab rumah nanti pihaknya hanya melakukan peletakan batu pertama mengingat jadwal kunjungan di Ogan Ilir hanya tiga hari.

“Untuk selanjutnya kami serahkan ke pemkab setempat. Sebanyak 16 titik bencana di Indonesia yang bakal dikunjungi dengan target satu bulan sepuluh hari selesai,” ucapnya.

Kedatangan Tim Ekspedisi Kemanusiaan menggunakan 6 buah mobil tersebut diterima langsung oleh Sekda OI H Sobli dan Kepala Dinas Sosial H Syarkowi. Dalam kesempataannya, Sekda OI, H Sobli berterima kasih kepada Kemensos yang sudah peduli terhadap masyarakat OI.

“Semoga Ekspedisi kemanusiaan ini dapat bermanfaat bagi penyandang sosial yang ada di Ogan Ilir sehingga beban hidup dan penderitaan masyarakat penyandang cacat dan lansia dapat terbantukan,” tukasnya dan berharap semoga target Tim Ekspedisi Kemanusiaan dari Kemensos ini dapat berhasil.

 

TEKS         : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster