Terancam Gagal Raih Adipura Kencana

 186 total views,  2 views today

Ilustrasi Susana Pasar yang ada Pinggiran Jalan Kota Palembang | Iwan KS

Ilustrasi Susana Pasar yang ada Pinggiran Jalan Kota Palembang | Iwan KS

PALEMBANG, KS-Target Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, untuk memboyong Piala Adipura Kencana tahun ini, terancam gagal. Pasalnya, hasil penilaian pertama, jumlah poin yang diraih Kota Palembang, masih belum menenuhi target.

Asisten Deputi Pengolahan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup RI, R Sudirman mengatakan, untuk penilaian pertama Piala Adipura Kencana, ada 19 titik yang menjadi penilaian, dan dari hasil penilaian tersebut, ada 9 titik yang nilainya dibawah standar.

“Diantaranya titik pertokoan dengan nilai 64,48 persen, pasar 70,65 persen, jalan 72,80, pemukiman 72,27, dan teminal bus atau angkot dengan nilai 72 persen,” kata Sudirman yang dibincangi, usai menghadiri paparan hasil penilaian pertama Piala Adipura Kencana di Gedung Parameswara, Pemkot Palembang, Selasa (4/2).

Sudirman menyebutkan, sebenarnya nilai yang didapat Kota Palembang saat ini cukup baik, namun untuk meraih Piala Adipura Kencana, nilai tersebut masih kurang. “Nilai yang dibawah standar tersebut harus ditingkatkan lagi, seperti pasar nilainya harus diatas 72 persen, begitu juga dengan yang lainnya,” sebutnya.

Lebih jauh Sudirman menjelaskan, jika sebuah kota ingin masuk dalam kategori Adipura Kencana, minimal penialaian kota tersebut harus baik, yakni dengan nilai minimal 73. “Kalau hasil penilaian belum baik, mana bisa meraih pengharaan piala Adipura Kencana. Saya contohkan, jika ingin masuk perguruan negeri tanpa tes, kan ada syarat nilai dibangku SMA minimalnya adalah 8, nah begitu juga dengan Adipura Kencana,” bebernya.

Jadi jika kota Palembang ingin meraih Adipura Kencana, kata Sudirman, nilai 19 titik yang menjadi penilaian harus diatas kategori baik. “Kalau masih sedang tidak bisa meraihnya. Tapi sekarang ini masih tahap penilaian pertama, artinya masih ada waktu untuk memperbaikinya, sementara ini, total penilaian keseluruhan 19 titik tersebut, Palembang mendapat nilai 73,26,” sebutnya.

Sudirman mengaku, Palembang sudah delapan kali meraih Adipura, tapi kalau hanya Adipura saja untuk apa ? Yang terpenting adalah meraih Piala Adipura Kencana. “Jika 2014 ini, Palembang tidak meraih Adipura Kencana, maka Palembang akan semakin tertinggal,” katanya.

Sudirman menambahkan, Wali Kota Surabaya saat ini namanya sudah dikenal kanca nasional,  karena keberhasilannya dalam menata kota. Jadi pesan Sudirman, jangan berpikir sepeleh masalah penataan kota.

“Palembang harus all out, sebenarnya penataan Palembang tinggal kurang sedikit, yakni cantiknya penataan, misalnya tamannya, harus beristitika, ini tugas Dinas Pertamanan, dan semua pengusaha yang ada di Palembang ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang, Tabrani mengatakan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan nilai Palembang agar bisa meraih Piala Adipura Kencana.

“Kekurangan yang ada saat ini, kedepan akan kita perbaiki, seluruh dinas di Pemkot Palembang harus bekerja keras, jadi bukan hanya BLH, Dinas Kebersihan Kota (DKK), tapi juga menjadi tanggung jawab SKPD lainnya,” katanya.

Sambungnya, sebenarnya nilai Adipura Palembang udah masuk. Tapi untuk Adipura Kemcana masih kurang. Oleh sebab itu, akan di optimalkan lagi untuk meraih penghargaan tertinggi piala Adipura Kencana.

“Kami juga menghimbau, kepada semua masyarakat, khususnya masyarakat Palembang untuk menjaga kebersihan, dan menjaga aset daerah seperti taman, agar tidak dirusak,” tukasnya.

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster