Maret, Kesehatan CJH Diperiksa

 178 total views,  2 views today

Ilustrasi Jemaah Haji | Bagus Park

Ilustrasi Jemaah Haji | Bagus Park

PALEMBANG, KS – Untuk menekan angka kematian calon jemaah haji (CJH), Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang akan memberikan informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan haji, melalui puskesmas-puskesmas yang ada di metropolis.

Kepala Dinkes Palembang, dr Anton Suwindro mengatakan, untuk pemeriksaan kesehatan CJH tahap pertama, akan dilakukan sekitar bulan Maret mendatang. “Pemeriksaan tahap pertama ini, akan di lakukan di puskesmas-puskesmas dan untuk tahap keduanya di RSUD Palembang Bari,”ungkapnya, Selasa (4/2).

Anton menyebutkan, tahun ini untuk pertama kalinya Dinkes menyelenggarakan pemberian informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan haji.  “Ini untuk yang pertama kali kita lakukan, kita ingin evaluasi dari pertemuan tersebut disampaikan oleh KBIH kepada jemaahnya tentang kesiapan dan kebugaran serta kesehatan kejiwaan jemaah, artinya kondisi jemaah dalam keadaan terkontrol,”sebutnya.

Sambungnya, dengan dilakukan pengecekan dan informasi ini, diharapkan angka kematian tidak akan ada lagi. “KBIH kami himpun untuk bersama-sama melayani jemaah haji, dari segi kesehatan,” katanya.

Berdasarkan data tahun 2013 lalu, ada sekitar 3.844 jemaah haji, dan dari jumlah tersebut 9 diantaranya meninggal dunia, jadi kata Anton kalau dipersentase sekitar 2,3 persen. “Kedepannya kami harapkan, angkanya menurun. Bahkan tidak ada lagi kematian jemaah haji,” harapnya

Anton menambahkan, ada beberapa faktor penyebab kematian tersebut, selain takdir Tuhan, diantaranya karena jemaah haji dalam keadaan resiko tinggi. “Jemaah haji resiko tinggi atau kisaran usia 60 tahun sekitar 22 persen, dan 44 persen karena faktor penyakit berisiko yang lainnya seperti hipertensi dan diabetes. Kami harapkan hal ini untuk disosialisasikan oleh KBIH kepada jemaah haji yang akan berangkat,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster