Bangun Sekolah Baru Gandeng Australia

 47 total views,  3 views today

australia-aid

PALI | KS-Meskipun APBD Kabupaten PALI terbilang minim, dan Pemkab sedang jor-joran membangun infrastruktur jalan bukan berarti pembangunan sekolah baru tidak bisa dilakukan. Dinas Dikbudpora terus melakukan upaya agar pembangunan sekolah tetap terus berjalan. Salah satunya dengan mengupayakan pihak lain yang bisa digandeng untuk membantu.

Rencana akan dibangunnya sekolah baru di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),  seperti melalui program pemerintah Australian Agency for International Development (AusAID), bekerja sama dengan Indonesia.

Usulan pembangunan sekolah baru melalui program ini sudah dilayangkan Dinas Dikbudpora. Bahkan pihak Kemdiknas dan utusan AusAID sudah turun ke kabupaten ini meninjau langsung lokasi tempat pembangunan sekolah ini.

Dan saat ini, Dinas Dikbudpora sedang menunggu hasil verifikasi tersebut.

Dari jumlah yang diajukan, terdapat enam SMP Negeri yang diusulkan untuk dibangun, yakni di Desa Purun Kecamatan Penukal, Desa Pengabuan Kecamatan Abab, Desa Sukarami dan Sungai Langan Kecamatan Penukal Utara. Serta, dua SMP satu atap yakni di Desa Sukadamai dan Kelurahan Talang Ubi Selatan, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.

Dinas Pendidikan Budaya Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Kabupaten PALI, Drs M Amin MM, melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Kabid Sarpras) Drs Yulnadi MSi mengatakan, bahwa pihaknya saat ini tinggal menunggu hasil verifikasi, yang telah dilakukan tim dari Kementerian Pendidikan dan AusAID.

“Tim tersebut telah dua kali turun ke lapangan, untuk melakukan pengecekan lokasi-lokasi yang kita ajukan untuk dibagunkan sekolah baru, melalui program kerjasama antara Indonesia dan Australia tersebut,” ujarnya, Selasa (4/2) kemarin.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, bahwa pihaknya sama sekali belum mengetahui hasil verifikasi tersebut, apakah hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan, sehingga pengerjaannya sendiri bisa dilakukan di bulan Juni dan Juli tahun 2014 ini.

“Kalau hasilnya oke, maka bisa dikerjakan di tahun ini mungkin Juni atau Juli. Namun, kita belum mengethuinya apakah tidak masalah atau bagaimana, karena kita sendiri belum mendapatkan komfirmasi. Kita berharap semuanya tidak ada masalah, dan bisa secepatnya dikerjakan,” harapnya.

Sedangkan enam Desa yang diusulkan di program AusAID untuk didirikan SMP di Kabupaten PALI :

Yakni SMP Negeri

1. Desa Purun, Kecamatan Penukal

2. Desa Pengabuan, Kecamatan Abab

3. Desa Sukarami, Kecamatan Penukal Utara

4. Desa Sungai Langan Kecamatan Penukal Utara

SMP satu atap

1. Desa Suka Damai, Kecamatan Talang Ubi

2. Kelurahan Talang Ubi Selatan, Kecamatan Talang Ubi

 

Teks/Foto  : Indra Setia Haris

Editor          : Sarono P Sasmito

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com