Atribut Kampanye Makin Marak

 236 total views,  2 views today

Atribut kampanye di Kota Pagaralam saat ini makin marak di mana-mana.

Atribut kampanye di Kota Pagaralam saat ini makin marak di mana-mana.

PAGARALAM KS-Batas waktu yang telah ditetapkan untuk melaksanakan penertiban sejumlah atribut parpol atau alat peraga pada 2 Februari lalu tampaknya diabaikan. Mengingat sejauh ini tahapan tersebut mulai dipersoalkan,  karena sudah tidak di indahkan lagi oleh para calon anggota legislatif (caleg) dan partai politik (parpol).

Kesan itu terlihat dari masih maraknya atribut yang bertebaran di Bumi Besemah ini termasuk di jalan protokol dan sejumlah pusat keramaian lainnya. Demikian pantauan Kabar Sumatera, Selasa (4/2).

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pagaralam, Haidir Murni SH menegaskan, hingga kini sudah beberapa kali pihaknya memberikan surat kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pelanggaran tersebut. Namun hal itu tampaknya masih saja tidak diindahkan oleh pihak terkait.

“Setelah melihat masih banyaknya terjadi pelanggaran, kita layangkan sekali lagi surat ke KPU. Namun hingga kini tampaknya tidak terlihat gerakan berarti dari KPU,  bahkan semakin marak lagi atribut di berbagai tempat, termasuk jalan protokol,” kata Haidir seraya berujar soal penindakan, saat ini  masih wewenang pihak KPU, sedangkan pihaknya hanya sebatas memberikan rekomendasi tanpa bisa melakukan penindakan.

Terpisah, Ketua KPU kota Pagaralam Hendri membantah, bila pihaknya tidak melakukan aksi terkait pelanggaran atribut milik caleg dan parpol. Sejauh ini pihaknya sudah berulang kali memberi teguran kepada parpol untuk segera melakukan penertiban sendiri atribut mereka.

“Kita telah memberi surat kepada sejumlah parpol, kemudian ada waktu seminggu untuk parpol bergerak menurunkan atribut sendiri,” tegas Hendri seraya menambahkan apabila dalam waktu yang ditentukan tersebut masih ada atribut yang melanggar, pihaknya menyerahkan masalah penertiban itu kepada tim terpadu termasuk Satpol PP, Kepolisian berikut KPU sendiri.

Sementara itu, Kasatpol PP Pagaralam, Drs Bhakti N menerangkan, pada dasarnya pihaknya siap jika dilibatkan dalam penertiban ini. Meski begitu, tentu saja pihaknya harus koordinasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait termasuk pihak kepolisian dan petugas dari KPU.

“Sejak awal kita sudah siap, karena hal itu ada kaitannya pula dengan penegakkan peraturan daerah (perda) mengenai ketertiban dan keindahan kota,” singkatnya.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster