4 Kecamatan di OKI Rawan Kecurangan Pileg

 182 total views,  4 views today

 

KAYUAGUNG I KS-Kepolisian Resort Ogan Komering Ilir (OKI) harus ekstra ketat dalam pengamanan pemilihan anggota legislatif (pileg) 9 April mendatang, mengingat kondisi geografis wilayah OKI sangat luas, mencapai 19.000 KM persegi, sementara 70 persen wilayah didominasi kawasan perairan.

Kabag Ops Polres OKI Kompol Yulianto menyebutkan, ada 4 kecamatan yang masuk dalam wilayah perairan, dan dianggap segai wilayah yang rawan terjadi kecurangan dalam pemilu, baik pileg maupun pilpres.

“Perhatian ektra ketat akan kita lakukan di wilayah perairan OKI yakni di beberapa Desa di Kecamatan Cengal, Sungai Menang, Air Sugihan dan Tulung Selapan, wilayah itu kita anggap rawan terjadi kecurangan,” ucap Kabag Ops usai gelar pasukan Operasi mantap Brata Musi tahun 2014, Selasa (4/2).

Ada beberapa pola pengamanan salah satu pam rawan jarak jauh, khusus wilayah OKI termasuk rawan karena kondisi geografis. Seperti wilayah Kecamatan Air Sugihan, sudah masuk dalam wilayah perairan, lokasinya juga sangat jauh, karena harus ke Palembang terlebih dahulu untuk menuju air sugihan, kemudian Desa Bumi Pratama Madira kecamatan sungai menang, dan beberapa Desa lain di Cengal dan Tulung selapan.

Wilayah perairan atau sering disebut wilayah pantai timur itu dianggap rawan kecurangan, karena kondisi geografisnya didominasi perairan.

”Kita tentu harus lebih ketat lagi dalam mengamankan pendistribusian surat suara, kemudian mengawal surat suara sampai di tujuan, terutama pendistribusian surat suara untuk wilayah yang tidak bisa di jangkau melalui jalan darat,” katanya.

Untuk pengamaman pileg nanti pihaknya akan mengerahkan 2/3 atau sebanyak 470 personil untuk  ditempatkan di seluruh TPS dan PPK. Selain itu di back-up juga personil dari Polda Sumsel  Brimob sebanyak 60 personil, personil Polda sebanyak 200 personil dan TNI  sebanyak 100 personil.

“Jadi semua personil yang akan mengamankan Pileg  di OKI berjumlah 700 personil,” tutupnya.

Ditambahkan Kapolres OKI AKBP Erwin Rachmat, wilayah kabupaten OKI yang sangat luas harus ekstra ketat dalam melakukan pengamanan.

“Wilayah OKI ini ada yang jauh, sangat jauh dan sangat jauh sekali, wilayah perairan itu termasuk wilayah yang sangat jauh sekali, wilayah ini yang menjadi perhatian kita,” tambahnya.

 

TEKS        : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster