Tempat Usaha Wajib Miliki IPAL

26 total views, 3 views today

Ilst. Ipal

Ilst. Ipal

PALEMBANG, KS – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) menghimbau bagi pemilik usaha, agar menyediakan instalasi pengelolaan limbah (IPAL). Kedepannya, akan ada sanksi bagi perusahaan yang tidak memiliki IPAL.

Saat ini menurut Kepala BLH Palembang, Thabrani, Pemkot Palembang tengah mempersiapkan Peraturan Wali Kota (Perwali), agar setiap tempat usaha seperti rumah makan, perusahaan, pengembang perumahan dan lainnya menyediakan IPAL.

“Sudah menjadi kewajiban setiap perusahaan, perumahan memiliki IPA. Sekarang Perwali tersebut sedang digodok,” kata Thabrani ketika dibincangi di ruang kerjanya, belum lama ini.

Thabrani menyebutkan, hal tersebut dilakukan adalah salah satu upaya untuk menjadikan Kota Palembang, bersih dan bebas dari pencemaran lingkungan. Menurutnya, yang betugas menjaga lingkungan bukan hanya dibebankan kepada pemerintah saja, melainkan kepada pengusaha dan masyarakat pada umumnya. “Dengan begitu, kita harapkan Palembang bebas dari pencemaran lingkungan, kalau kota ini bersih, kita akan bangga,” ujarnya.

Lebih jauh Thabrani menjelaskan, dengan diterbitkannya Perwali tentang IPAL tersebut, kedepannya ditargetkan tidak ada lagi yang melanggar ketentuan yang telah dibuat. “Karena hal tersebut juga sebagai antisipasi pencemaran lingkungan, selama ini IPAL hanya di wajibkan di pabrik-pabrik atau perusahaan penghasil limbah saja, nah Perwali ini akan mengatur secara keseluruhan,” bebernya.

Thabrani menambahkan, adanya IPAL sudah menjadi syarat mutlak dimiliki oleh pemilik usaha-usaha besar. “Karena, ketika mengurus izin mendirikan bangunan (IMB), petugas akan meminta surat keterangan adanya IPAL,” tukasnya.

 

TEKS               : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com