Syakir disanksi Tiga Kali Larangan Main

 274 total views,  2 views today

Syakir Sulaiman

Syakir Sulaiman

PALEMBANG, KS – Polemik yang terjadi pada pemain muda terbaik Indonesian Super League (ISL) musim lalu yang sekarang sudah menjadi milik Sriwijaya FC (SFC), Syakir Sulaiman dengan klub lamanya, Persiba Balikpapan akhirnya menemui titik akhir.

Rapat Komisi Disiplin (Komdis) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dilakukan Sabtu(1/2) lalu, memutuskan Syakir resmi sebagai pemain Sriwijaya FC. Namun ia dinyatakan bersalah sehingga mendapatkan sanksi.

Sanksinya, pemain asal Nangroe Aceh Darusallam (NAD) itu, dilarang tampil memperkuat Laskar Wong Kito dalam tiga pertandingan di Indonesia Super League (ISL), terhitung 3 Februari.

Tak sampai disitu saja, melalui surat keputusan Komdis yang bernomor 001/LSI/KD-PSSI/I2014, Syakir juga diharuskan membayar denda kepada PSSI sebesar 25 juta dan mengembalikan uang DP kepada Persiba Balikpapan sebanyak 10 juta.

Ini diambil pihak Komdis, karena menilaiSyakir yang melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut terhadap Persiba Balikpapan. “Tingkah laku buruk ini melanggar pasal 144 kode disiplin PSSI 2014. hukuman ini, tidak dapat dibanding berdasar pasal 118 kode Disiplin PSSI,”  kata Ketua Komdis PSSI, Hinca Pandjaitan, Senin (3/2).

Terpisah, Asisten Manajer SFC, Muchendi Mahzarekki mengatakan, manajemen Siwijata FC telah menyerahkan polemik Syakir dengan klub lamanya itu ke Komdis secara penuh. “Karena kita sudah menyerahkan sepenuhnya kepada Komdis, maka apapun keputusan Komdis akan kita terima. Namun kita sedikit kecewa, dengan denda Rp 25 juta tersebut,” kata Endi, sapaan akrab Muchendi.

Namun terangnya, denda Rp 25 juta tersebut adalah denda yang dijatuhkan Komdis ke Syakir bukan ke manajemen Sriwijaya FC. Akan tetapi, karena status Syakir sekarang ini sudah menjadi bagian dari Laskar Wong Kito, kemungkinan manajemen juga akan turut membantu membayar denda tersebut. “ Untuk pembayaran denda yang 25 juta tersebut, masih akan dibicarakan terlebih dulu antara Syakir dan manajemen,” jelasnya.

Syakir sendiri yang dibincangi terpisah mengaku, sudah mengetahui putusan Komdis PSSI itu. Menurutnya, apapun putusannya ia menerima. Karena menurutnya, sejak awal ia telah melakukan itikad baik kepada manajemen Persiba, untuk meminta maaf dan berniat mengembalikan uang DP sebesar 10 juta yang telah diterimanya.

Namun, manajemen Persiba tidak menerima itikada baiknya dan juga tidak mau menerima uang DP yang dikembalikannya tersebut. “ Saya terima keputusan Komdis terhadap saya, mungkin inilah yang terbaik buat saya.  Kedepan saya akan lebih baik lagi,” tukasnya.

 

TEKS               : SADDAM SURYANDA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster