Pagaralam Bantu Korban Sinabung

 429 total views,  2 views today

Ilustrasi Gunung Sinabung | Net

Ilustrasi Erupsi Gunung Sinabung | Net

PAGARALAM KS – Tragedi meletusnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara, akhirnya mengetuk hati jajaran Pemerintah Kota Pagaralam untuk membantu korban disana. Demikian dikemukakan Wakil Walikota Pagaralam Novirzah Djazuli, saat meninjau peralatan siaga bencana yang milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam, kemarin (3/2).

Menurutnya, dengan alasan kemanusiaan pemerintah dan segenap masyarakat Pagaralam turut prihatin atas penderitaan warga korban letusan Gunung Sinabung, hingga memaksa  mereka harus mengungsi ke tempat aman maupun merelahkan harta benda dan tempat tinggal akibat bencana itu.

“Pastinya kita koordinasikan terlebih dahulu mengenai bantuan apa yang lebih efektif untuk mereka. Karena untuk urusan bencana ini kita sudah mempunyai personel terlatih dan peralatan yang cukup memadai,” terang Novirzah.

Lanjutnya, setelah dikoordinasikan dengan pihak-pihak yang berkompeten seperti Dinas Sosial, BPBD, atau juga pihak TNI dan Polri barulah dapat ditentukan bentuk bantuan yang dirasa tepat untuk dikirimkan ke lokasi bencana tersebut.

“Kendati demikian, pihaknya siap menerjunkan sejumlah personil bila memang diperlukan untuk ke lokasi,” tegasnya.

Terpisah, Kepala BPBD  Pagaralam, Herawadi SSos mengatakan, sebagai daerah yang cukup banyak wilayahnya rawan bencana, kesiapsiagaan petugas  yang trampil mutlak dibutuhkan, termasuk pula jika memang harus dikirim membantu di daerah lain.

Selain itu, Pemerintah Kota Pagaralam, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah memberikan Surat Keputusan (SK) Kontrak Tahun 2014 terhadap sekitar 105 Anggota Satuan Petugas (Satgas) Bencana dan Pemadam Kebakaran (PBK) Kota Pagaralam. Sebanyak 105 anggota tersebut, 40 orang di antaranya merupakan Satgas Penanggulangan Bencana.

“Dengan tenaga trampil dan jika memang dibutuhkan kita siap,” kata Herawadi.

Ditambahkan Kabag Humas dan Protokol, M Helmi SE MM, setelah melalui eberapa rapat koordinasi, kemudian disimpulkan bahwa bantuan yang akan diberikan oleh Pemkot Pagaralam nantinya berupa sumbangan uang tunai.

“Seluruh unsur SKPD melakukan rapat dengan menyimpulkan bantuan yang paling efektif saat ini adalah sumbangan berupa uang tunai yang akan dikoordinasikan langsung di bawah Dinas Sosial,” katanya.

Dikatakan Helmi, tidak menutup kemungkinan selain bantuan dalam bentuk uang tersebut akan dikirim juga personel dan peralatan yang dapat membantu proses evakuasi dan sebagainya.

“Meski begitu, untuk saat ini diputuskan bantuan sumbangan uang tunai yang besarannya belum diketahui karena baru akan dikoordinasikan,” ujar pria yang sebentar lagi akan serah terima jabatan menjadi Camat Pagaralam Selatan ini.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster