Mobil Anak Mantan Wagub Sumsel Disita

 66 total views,  3 views today

mobil seharga Rp 180 juta milik anak mantan Wakil Gubenur Sumsel, Eddy Yusuf.

mobil Kijang Inova BG 1430 NP seharga Rp 180 juta milik anak mantan Wakil Gubenur Sumsel, Eddy Yusuf. | Dok KS

*Diduga Dibeli dari Uang Korupsi

*Kasus Bansos OKU 2008

PALEMBANG, KS – Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), menyita satu unit mobil seharga Rp 180 juta milik anak mantan Wakil Gubenur Sumsel, Eddy Yusuf.

Penyitaan harta milik mantan orang nomor dua di Sumsel ini, terkait tindak pindana korupsi dana Bansos tahun 2008, hingga kini mobil merk Kijang Inovva, yang diduga dibeli dari uang hasil korupsi, diamankan di Mapolda Sumsel.

Direktur Ditreskrimsus Tipikor Polda Sumsel, Kombes Pol Edi Purwatmo melalui Kasubdit III Unit Tipikor Polda Sumsel, AKBP Imran Amir, mengungkapkan pihaknya menyita mobil itu pada Kamis (30/1) lalu.  “Dari penyidikan kita, mobil tersebut telah dibeli Eddy Yusuf tahun 2009. Namun, bukan atas nama Eddy, melainkan atas nama putranya bernama Arlan,” kata Imran, Senin (3/2).

Jika salah satu aset Eddy sudah disita, maka tidak demikian halnya dengan Yulius Nawawi. Dikatakan Imran, pihaknya hingga saat ini belum melakukan penyitaan harta milik Bupati OKU tersebut.

Adapun barang bukti yang dipegang masih sebatas dokumen. Imran menjamin, jika memang akan disita, pihaknya pasti akan melakukan penyitaan terhadap aset Yulius dalam waktu dekat ini.

Terkait kapan akan dilimpahkan kedua tersangka bersama barang bukti, lanjut Imran, belum diketahui pastinya. Pihaknya masih harus melakukan koordinasi dengan Kejati Sumsel. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat yang bersangkutan beserta barang bukti segera kita limpahkan,” jelasnya.

Tipikor Polda Sumsel selaku tim penyidik sambungnya, telah mendapat pemberitahuan terkait perkembangan pemeriksaan perkara Eddy Yusuf dan Yulius Nawawi. Bahkan, tim penyidik, kini telah menyita satu unit mobil Kijang Inova Warna Hitam dengan nopol BG 1430 NP yang diketahui milik Eddy Yusuf.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, Ajimbar, melalui Kasi Penkum dan Humas bidang Intelijen Kejati Sumsel, Mulyadi menyebut, berkas perkara Eddy dan Yulius sudah lengkap sejak Kamis (30/1) lalu.

Dengan demikian, Kejati memiliki waktu sekitar sepekan untuk mendaftarkan Eddy dan Yulius ke PN Palembang untuk di sidang. “Kini, kita tinggal menunggu pelimpahan kedua tersangka dan barang bukti dari tim penyidik. Masalah waktu, masih akan kita koordinasikan,” kata Mulyadi.

Kejati bebernya, sudah menunjuk JPU dalam perkara ini. Setidaknya, ada empat hingga lima JPU yang akan menyidangi Eddy dan Yulius selama persidangan nanti. “Untuk pemeriksaan berkas yang ketiga kalinya ini, Kejati Sumsel butuh waktu 13 hari untuk memberikan kesimpulan. Akhirnya, kini sudah resmi P21 dan tinggal menunggu proses sidang,” tukasnya.

 

TEKS               : OSCAR RYZAL

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com