BRI Agro Ekspansi ke Palembang

 1,148 total views,  2 views today

Gunting Pita__Staf Ahli Wali Kota Palembang Bidang Polkum dan HAM Prof Edwar Juliartha (tengah) didampingi Dirut BRI Agro Niaga Heru Sukanto (kanan) memotong pita tanda dibukanya kantor cabang BRI Agro Palembang

Gunting Pita : Staf Ahli Wali Kota Palembang Bidang Polkum dan HAM Prof Edwar Juliartha (tengah) didampingi Dirut BRI Agro Niaga Heru Sukanto (kanan) memotong pita tanda dibukanya kantor cabang BRI Agro Palembang | Dok KS

* Sasar Pembiayaan Agribisnis

PALEMBANG KS – PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga tbk (AGRO) melebarkan sayap dengan melakukan ekspansi ke palembang dengan telah dibukanya kantor cabang di Palembang. Keberadaan cabang ke 13 di Indonesia ini diupayakan dapat mendukung pengembangan bisnis sektor agribisnis di daerah Sumatera Selatan (Sumsel).

“Sumsel ini merupakan salah satu sentra agrobisnis wilayah Indonesia Barat yang memiliki banyak potensi yang menjanjikan, seperti karet, sawit, kopi, dan padi yang dapat lebih dikembangkan. Makanya kehadiran BRI Agroniaga ini dapat menjangkau pelaku agrobisnis dan non agrobisnis dalam hal pembiayaan,”kata Direktur Utama BRI Agroniaga Heru Sukanto didampingi Corporate Secretaris Hirawan Nur Kustono, Senin (3/2).

Dia mengaku, pembukaan kantor cabang di Palembang ini merupakan bagian dari rencana dan strategi dalam pengembangan jaringan kantor BRI Agroniaga yang dilakukan secara berkesinambungan, sebagai upaya mewujudkan visi Bank BRI Agroniaga sebagai bank komersial terkemuka yang fokus pada sektor pertanian dalam mendukung pengembangan agribisnis di Indonesia.

Berdasarkan data kajian ekonomi regional triwulan IV/2013 dari Bank Indonesia, masih kata dia, diketahui bahwasanya struktur ekonomi Sumsel masih didominasi sektor pertanian, pertambangan dan penggalian, bangunan, listrik gas dan air bersih, komunikasi, perdagangan, hotel dan restoran hingga industri pengolahan.

“Potensi Sumsel masih cukup besar dan peluangnya masih terbuka seperti di Banyuasin, Muaraenim, Prabumulih, Lahat, Pagaralam, OKU, OKU Timur, OKI merupakan daerah yang masih sangat potensial untuk dihimpun pendanaan oleh perbankan,”ujarnya.

Selain fokus pada pembiayaan, lanjut dia, pihaknya juga menitikberatkan pada penghimpunan dana seperti ayo bergoyang, infiniti, tabunganku, agro pintar dan BRI Agro.

Dia melanjutkan, hingga September 2013 pihaknya berhasil membukukan kinerja positif dibandingkan dengan tutup buku 2012 dengan rincian untuk total aset meningkat 17% dari Rp 4Triliun menjadi Rp 4,7Triliun. Begitu pula untuk kredit meningkat 35% dari Rp 2,4Triliun menjadi Rp 3,3triliun.

Sementara itu penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat 13% dari Rp 3,05 triliun menjadi Rp 3,4 triliun, laba berjalan semula hanya Rp 22miliar menjadi Rp 52miliar.

“BRI Agro sebagai bank devisa juga memberikan layanan produk terkait devisa seperti deposito valas, giro valas, banknotes, remmitance maupun trade service seperti LC, dokument collection ataupun transaksi ekspor impor lainnya,”jelasnya.

Sementara itu, Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VII Palembang, Syarifuddin Basara menambahkan perbankan di Indonesia saat ini semakin menunjukkan kedudukannya yang strategis dalam perekonomian nasional melalui perannya sebagai penunjang kelancaran sistem pembayaran, pelaksanaan kebijakan moneter dan pencapaian stabilitas sistem keuangan yang sehat, dinamis dan berkelanjutan.

“Berdasarkan sektor ekonomi, sebagian besar kredit disalurkan ke sektor unggulan Sumsel yaitu pertanian, pertambangan, industri pengolahan dan perdagangan. Total kredit yang berhasil disalurkan ke empat sektor itu mencapai 52,11% dari total kredit yang disalurkan ke Sumsel,”tuturnya.

Dia mengaku, penambahan kantor cabang BRI Agroniaga ini tidak harus dipandang sebagai pesaing yang mempersempit ruang gerak bank lain. Namun harus ditempatkan sebagai salah satu tambahan kekuatan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Sumsel.

 

TEKS         : ROMI MARADONA

EDITOR   : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster