SERD Eksplorasi Panas Bumi

 298 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

MUARA ENIM, KS-PT Supreme Energy Rantau Dedap (PT SERD), di Desa Rantau Dedap, Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU),  Kabupaten Muaraenim, akan segera melakukan eksplorasi energi gas geothermal atau panas bumi di lahan seluas 91 hektar.

“Kita akan melakukan eksplorasi gas geothermal di lahan 91 hektar. Dimana, diperkirakanan panas bumi yang dihasilkan mencapai  20 mega watt,” tutur Arif, dari bagian Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) PT SERD, disela kegiatan Media Gathering PT SERD bersama awak media Kabupaten Muaraenim dan Lahat, di Hotel Griya Sintesa, Muaraenim, kemarin (2/2).

Eksplorasi di Desa Rantau Dedap, kata dia, dilakukan di kedalaman minimal 1500 meter dengan minimal suhu panas sekitar 220 drajat celcius. Ditaksir biaya eksplorasi yang dilakukan sebesar 80 juta US Dollar atau Rp800 milyar per sumur bor.

“Belum diketahui berapa banyak pengeboran yang dilakukan. Pastinya kita akan berupaya melakukan mencari sumber energy geothermal sebagai  egergy renewble atau energi yang dapat diperbarui,” jelasnya.

Sementara itu,  Field Relation PT SERD, M Yunus, mengatakan bahwa PT SERD Rantau Dedap pertama kali dilakukan pada 2008 silam. Dimana, kata dia, terdapat dua izin usaha yatu izin usaha pertambangan dan izin masuk hutan wilayah hutan lindung.

“Sejauh ini, kita telah melakukan sosialiasi ke Kabupaten Muaraenim dan Lahat baik itu kepada pemerintah, tokoh masyarakat dan tokoh agama sudah dilakukan, yang tidak ada hambatan,” beber dia.

Dikatakannya, hasil dari hasil panas bumi ini akan di jual ke Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kemudian pihak PLN akan mendistribusikan ke masyarakat. “Untuk urusan pendistribusian sepenuhnya kita serahkan kepada PLN,” ucapnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Setda Pemkab Muaraenim, Elly Martini, mengapresiasi apa yang dilakukan pihak PT SERD. “Kedepan, kegiatan bersama media seperti ini dapat dilakukan lagi, karena peran media memegang peran dalam penyampaian publikasi ke masyarakat terkait kemajuan dan info -info lainnya dari perusahaan,” tukasnya.

 

TEKS               : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster