Satgas dan PBK Harus Terampil

 750 total views,  2 views today

Tampak tim pemadam kebakaran sedang memadamkan kobaran api dibantu warga setempat.

Tampak tim pemadam kebakaran sedang memadamkan kobaran api dibantu warga setempat.

PAGARALAM KS-Upaya meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai petugas kesiapsiagaan, Pemerintah Kota Pagaralam, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berikan Surat Keputusan (SK) Kontrak Tahun 2014 terhadap sekitar 105 Anggota Satuan Petugas (Satgas) Bencana dan Pemadam Kebakaran (PBK) Kota Pagaralam.

Adapun sebanyak 105 anggota tersebut, 40 orang diantaranya merupakan Satgas Penanggulangan Bencana. Demikian dikemukakan, Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi SSos, kemarin.

Menurutnya, dalam meningkatkan pelayanan bidang kesiapsiagaan, sebanyak 105 Satgas dan PBK terima SK Kontrak. Selanjutnya akan  dibekali pelatihan teknik penanggulangan bencana demi meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Satgas dan PBK Kota Pagaralam.

“Hal itu memang perlu dilakukan guna  menciptakan anggota satgas yang benar-benar terampil saat dibutuhkan. Anggota Satgas dan PBK harus benar-benar maksimal mengingat butuh pembentukan karakter kedisiplinan dari seorang satgas,” kata Herawadi.

Terpisah, Wali Kota Pagaralam Hj Ida Firtiati Basjuni mengatakan, peranan Satgas dan PBK merupakan tugas yang mulia. Kinerja mereka ini selalu paling depan dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan sistem penyelamatan baik itu bencana tanah longsor, banjir bandang, kebakaran dan lainnya.

“Dimbau kepada seluruh anggota Satgas dan PBK agar dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas. Seluruh peralatan yang ada mesti dipersiapkan sebelum menyelamatkan orang,  jangan sampai petugas itu sendiri menjadi korban,” kata Ida.

Lanjutnya, diharapkan  kepada seluruh anggota Satgas dan PBK yang ada, dalam menjalankan tugas harus benar-benar memperhitungkan hal yang matang sebelum mengambil keputusan. Artinya selalu waspada dan bersiap dalam menghadapi segala kemungkinan bencana yang akan terjadi. Selain itu dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas, karena tidak mungkin satgas akan tersisih dengan orang lain yang lebih berkompeten.

“Kami minta anggota Satgas dan PBK dapat menjalankan tugas dengan baik. Sebagai petugas harus selalu siaga 24 jam dalam kondisi apapun,” jelas Ida seraya berujar mudah-mudahan di Bumi Besemah ini selalu damai dan tentram tidak terjadi bencana alam.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster