Polri Buka Lowongan Kerja

 159 total views,  2 views today

Ilustrasi Polisi

Ilustrasi Polisi

PALEMBANG, KS – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan membuka pendaftaran anggota seluas-luasnya dengan berlandaskan prinsip BETAH (bersih, transparan, akuntabel, humanis). Polri akan menerima calon anggota brigadier sebanyak 17 ribu orang, dan calon anggota Tamtama sebanyak 3 ribu orang.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan, Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Saud Usman Nasution melalui Kabid Humas, Komisaris Besar Polisi Kombes Pol R Djarod Padakova mengatakan, rekruitmen anggota Polri 2014 akan dibuka mulai bulan februari, tetapi untuk tanggal pastinya belum diketahui.

Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin mendaftar harus segera mempersiapkan diri sejak sekarang, mulai dengan menyiapkan fisik hingga nilai akademis. Rekruitmen calon anggota Polri ada empat yakni rekruitmen Akpol, Brigadir, Tamtama, dan SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana).

Syarat untuk masuk menjadi anggota Akpol peserta harus merupakan lulusan SMA kecuali jurusan Bahasa. Untuk masuk anggota Brigadir atau Bintara peserta adalah lulusan SMA, MA, dan SMK kecuali jurusan tata boga dan tata busana.

Sementara itu, bagi peserta lulusan SMA dan SMK semua jurusan bisa mendaftar menjadi calon anggota Tamtama. Sedangkan bagi yang ingin bergabung ke dalam SIPSS, peserta merupakan lulusan sarjana umum, kedokteran dan Psikologi. Standart nilai masuk menjadi anggota Polri berbeda-beda sesuai dengan pangkatnya.

Untuk masuk menjadi anggota Akpol peserta harus memiliki nilai rata-rata minimal 7,25, Brigadir (6,25) dan Tamtama (5,5). Rencananya, peserta yang gagal seleksi rekruitmen Akpol bisa langsung ikut ujian menjadi calon anggota Brigadir maupun Tamtama. Pada bulan februai 2014 pendaftaran dibuka untuk  calon anggotan Akpol, bulan maret untuk calon anggota Brigadir dan bulan april untuk calon anggota Tamtama.

Pada bulan februai 2014 pendaftaran dibuka untuk  calon anggotan Akpol, bulan maret untuk calon anggota Brigadir dan bulan april untuk calon anggota Tamtama. Syarat umum menjadi calon aggota Polri antaralain WNI, beriman dan beragama, setia pada NKRI, sehat jasmani dan rohani, jujur, adil, berwibawa, tidak pernah dipidana, dan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

Djarod menjamin perekrutan anggota Polri dilakukan secara bersih dan diawasi oleh lembaga akademik, wartawan, LSM dan lembaga terkait. Untuk memastikan penerimaan anggota Polri dilakukan secara terbuka tanpa ada praktik suap dan pendaftaran dibuka secara online melalui www.penerimaan.polri.go.id.

“Namun bapak Kapolda, Karo SDM dan Ka SPN baru akan rapat di Jakarta pada tanggal 14-15 Januari mendatang. Rapatnya tentang Program Pendidikan Polri, setelah itu baru ada pemberitahuan pendaftaran pendidikan,” ujar Djarod, sehingga dia belum mengetahui jumlah formasi tiap-tiap penerimaan itu, baik untuk Akpol, Bintara ataupun Tamtama untuk wilayah Sumsel.

 

TEKS                 : OSCAR RYZAL

EDITOR           : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster