Fakultas MIPA Se-Idonesia Incar Akreditasi Internasional

 292 total views,  4 views today

seminar dan diskusi lebih lanjut terkait akreditasi internasional tersebut di Hotel Swarna Dwipa

Seminar dan Diskusi terkait akreditasi internasional tersebut di Hotel Swarna Dwipa

PALEMBANG KS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) se Indonesia memasang target mendapatkan akreditasi internasional. Menyusul tiga PTN lain yang sudah lebih dulu berhasil, yakni ITB, UGM, dan UI.

Dekan Fakultas MIPA Unsri, Muhammad Irfan, mengatakan, saat ini potensi Fakultas MIPA di Indonesia termasuk Unsri sangat besar untuk mendapatkan nilai akreditasi internasional, karena memang telah terakreditasi baik. Untuk merealisasikan target itu, Unsri menggelar seminar dan diskusi lebih lanjut terkait akreditasi internasional tersebut di Hotel Swarna Dwipa Sabtu (1/2).

“Jadi kita mengundang nara sumber dari Institut Teknik Bandung (ITB). Kebetulan Fakultasnya sudah diakreditasi internasional, biar PTN lain bisa belajar dari mereka,” kata Irfan.

Selain menjalin silaturahmi, melalui pertemuan ini dia berharap Fakultas MIPA di Indonesia ke depan bisa banyak yang diakreditasi internasional sehingga meningkatkan kualitas mutu pendidikan lulusannya. Karena itu, dalam kesempatan ini para Dekan Fakultas MIPA banyak diberikan arahan mengenai trik dan strategi untuk mencapai akreditasi bergengsi tersebut.

“Hari ini ada 22 Dekan dari Fakultas MIPA berkumpul, kecuali Papua. Semoga dengan agenda ini Fakulas MIPA di Indonesia dan Unsri bisa mewujudkan targetnya mendapat akreditasi internasional,” ucapnya.

Sementara itu, Seketaris MIPA Net se-Indonesia, Muhammad Nur mengatakan, kegiatan ini ber – tujuan meningkatkan mutu Fakultas MIPA secara menyeluruh di Indonesia, sehingga mereka yang sudah lebih dulu berhasil bisa menularkan keberhasilannya pada Fakultas MIPA lain di Indonesia. Saat ini, kata dia, secara standar kurikulum, Indonesia telah memili ki nilai di atas rata-rata karena beberapa tenaga pengajar sudah bergelar Prof dan Doktor.

“Yang masih menjadi kendala dalam meningkatkan akreditasi itu misalnya pengelolaan, keamanan, laboratorium, tangga darurat dan lainnya. Itu perlu diperhatikan karena harus berstandar internasional. Kalau untuk standar kurikulum kita sudah melampaui semua,” ungkapnya.

Nur menambahkan, untuk tahun 2014, pihaknya melihat ada sebanyak 10 Fakultas MIPA yang ber potensi mendapatkan akreditasi internasional. Hal ini menurutnya, cukup menggembirakan karena akan berdampak positif bagi lulusannya agar lebih mudah mencari pekerjaan.

“Menurut pengamatan kita, ada beberapa program studi di bawah Fakultas MIPA yang sudah layak dinilai akreditasi internasional,” ujarnya.

Pem bantu Rektor I Unsri, Prof Dr Ir H Anis Sagaf mengatakan, akreditasi internasional itu memang bisa dicapai lebih mudah dengan be kerjasama satu dengan lainnya, seperti yang sudah dibentuk MIPA Net se- In donesia. Meski Sumsel belum satu pun mencapai target itu, dia berharap Unsri bisa segera mencapai prestasi itu.

“Akre ditasi internasional itu penting bagi fakultas. Makanya, 2014 ini kita garap, ada lima fakultas. Nah, rencananya dua di dalam Fakultas MIPA,”jelasnya.

 

TEKS         : BUBUN KURNIADI

EDITOR   : ROMI MARADONA 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster