42.763 Warga Belum Terima e-KTP

 275 total views,  2 views today

Ilst. E-Ktp

Ilst. E-Ktp

*Perekaman e-KTP Baru Selesai 85 persen

PALEMBANG, KS – Berdasarkan catatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Palembang, sedikitnya ada 42.763 warga di  metropolis yang belum menerima Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Kepala Disdukcapil Palembang, Ali Subri mengatakan, ada 42.763 penduduk di Palembang yang belum menerima e-KTP.  Sementara yang sudah menyelesaikan proses rekam data sebanyak 1.003.368 jiwa atua 85 persen dari total wajib e-KTP di Palembang, yang mencapai 1.167.351 jiwa, artinya

“Sementara pendistribusian e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) baru 960.605 jiwa, pendistribusiannya terakhir dilakukan pada bulan September 2013 lalu,” ungkap Ali, belum lama ini.

Ali merincikan, kawasan yang masih banyak belum menerima e-KTP adalah Kecamatan Seberang Ulu I (SU I) sebanyak 3.659 jiwa, Kecamatan Sukarami 2.708 jiwa, dan Kecamatan Ilir Timur (IT) II sebanyak 2.683 jiwa. “Jumlah tersebut merupakan hasil dari pengurangan jumlah yang telah merekam dengan jumlah yang telah diterima di tiap Kecamatanya,”bebernya.

Ali menyebutkan, untuk proses pendistribusian e-KTP lainnya, sampai sekarang Disdukcapil belum menerima konfirmasi yang jelas dari pemerintah pusat. Jadi kata Ali, bagi warga yang belum menerima diharapkan bersabar.

“Kami belum tahu kapan Kemendagri akan mendistribusikan e-KTP, yang belum dicetak. Karena, sampai sekarang belum ada info terbaru,  jadi kami harap warga Palembang yang belum mendapatkan e-KTP untuk bersabar,” imbuhnya.

Menurut Ali, seharusnya rencana pemerintah pusat mengalihkan kewenangan mencetak e- KTP dilakukan Disdukcapil terwujud, sehingga memudahkan daerah dalam pencetakan dan pendistribusiannya. Namun, kata Ali karena tidak tersedianya anggaran, pencetakan e-KTP tetap dilakukan oleh pemerintah pusat.

“Memang rencana pencetakan e-KTP di kabupaten/kota oleh Disdukcapil batal. Pembatalan ini, ada di dalam Perpres nomor 112 pasal 10, jadi kita tidak bisa berbuat banyak, karena itu rencana pemerintah pusat,” tukasnya.

 

TEKS               : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster