637 Guru akan Pensiun

 22 total views,  3 views today

guru-tes-cpns

PALEMBANG, KS-Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Palembang, tahun ini ada 637 guru di Palembang yang pensiun. Kepala Bidang (Kabid) Kepangkatan, Pengkajian dan Kesejahteraan Karyawan, BKD Palembang, Rustiati mengatakan, 637 guru yang akan pensiun di tahun 2014 tersebut adalah berasal dari guru TK, SD, SMP dan SMA/MA maupun SMK.

Menurutnya, guru-guru yang menghadapi masa pensiun tersebut, usianya sudah mencapai batas usia pensiunan yakni 60 tahun. “Walaupun cukup banyak guru yang pensiun tersebut, namun kebutuhan guru di Palembang masih cukup, artinya tidak akan mengganggu,” jelas Rustiati, kemarin.

Disinggung soal pemberlakuan perpanjangan usia pensiun PNS, Rustiati menyebutkan, berdasarkan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah disahkan pada 19 Desember 2013 lalu.

Kata Rustiati, perubahan batas usia pensiun PNS tersebut berlaku usia 58 tahun untuk pegawai eseon III ke bawah dengan jabatan administrasi dan batas usia 60 tahun untuk pegawai eselon II dan I (Jabatan Pimpinan Tinggi). “Jadi beda, itu hanya berlaku bagi pejabat eselon saja, sementara guru usia pensiunnya memang 60 tahun,”sebutnya.

Lebih jauh Rustiati menjelaskan, dalam UU ASN disebutkan bahwa PNS dapat di berhentikan secara hormat karena beberapa alasan. “Seperti meninggal dunia, pengunduran diri, mencapai batas usia pensiun, perampingan organisasi atau kebijakan pemerintah yang mengakibatkan pensiun dini. Selain itu, bisa juga dikarenakan tidak cakap jasmani atau rohani, sehingga pegawai yang bersangkutan tidak dapat menjalankan tugas dan kewajiban sebagai PNS,” bebernya.

Namun, Rustiati menambahkan, PNS bisa juga diberhentikan dengan tidak hormat, apabila melakukan penyelewengan terhadap Pancasila dan UUD 1945, penyelewengan terhadap jabatan hingga dijatuhi hukuman penjara atau kurungan yang berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap. “Misalnya menjadi anggota atau pengurus partai politik, dan lain sebagainya,”tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 

 

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com