Jaga Netralitas Pileg dan Pilpres 2014

 252 total views,  2 views today

Kepolisian Resort Kota (Polresta), Palembang, siap menerjunkan  1.181 personel untuk pengamanan menyambut malam pergantian tahun baru 2014.. Foto . Iwan Cheristian

PAGARALAM KS-Upaya menjaga netralitas  di Bumi Besemah ini saat menghadapi Pemilihan Umum (Pemili) nanti, jajaran Kepolisian Resort (Polres) Kota Pagaralam siap berikan jaminan dan keyakinan bahwa mereka akan netral disepanjang Pemilu dan Pilpres 2014. Demikian dikemukakan Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Saut P Sinaga SIK MSi, Selasa (28/1).

Menurut Saut, pihaknya telah menginstruksikan seluruh personil yang ada agar dapat menjaga netralitasnya sepanjang pelaksanaan Pemilu dan PIlpres. Sehingga kondisi kamtibmas di sepanjang even politik berlangsung tetap aman dan terkendali.

“Kita siap menyambut Pemilu dan Pilpres 2014 dengan tetap menjaga netralitas demi terwujudnya kondisi kamtibmas saat pesta demokrasi itu berlangsung,” katanya seraya berujar bahwa pihaknya tidak akan segan-segan aklan memberikan sanksi tegas terhadap anggotanya bila terbukti terlibat politik praktis.

Kendati demikian kata Saut, jika ada temuan anggota yang terlibat politik praktis dapat dilaporkan. Sementara untuk sanksi, tentunya butuh proses lebih lanjut, apakah itu sanksi disiplin  atau telah menjurus kearah pidana pemilu tetap akan diproses secara prosedural.

“Diharapkan adanya partisipasi seluruh kalangan untuk mengawasi dan melaporkan bila ada anggota Polri yang ikut terlibat kedalam politik praktis. Silakan dilaporkan, ketika melihat ada anggota Polri yang ikut serta berkampanye dalam rangka mendukung salah satu calon yang maju. Apalagi bila oknum anggota Polres ikut membagikan dana ataupun bantuan lainnya guna meraih dukungan dan suara,” ujarnya.

Ia menambahkan, guna mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, seluruh anggota Polres Kota Pagaralam tengah berupaya meningkatkan pengamanan terpadu terhadap personil maupun markas.

“Semua ini kita lakukan demi menepis segala kemungkinan yang dapat terjadi baik itu menjelang maupun usai pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2014,” ujarnya seraya menambahkan pihaknya telah menyiapkan  Pos Induk Pileg yang bertempat di Mapolres Kota Pagaralam  sebagai wadah memonotor perkembangan  situasi dan kondisi even politik berlangsung.

Disinggung pelaksanaan serah terima jabatan Wakapolres Kota Pagaralam Kompol Sugeng Haryadi menjelang Pemilu, Saut mengatakan, tidak ada kaitannya sama sekali dengan kepentingan politik menjelang Pileg dan Pilpres 2014. Serah terima jabatan Wakapolres berdasarkan TR Kapolri No. 91/1/2014 tanggal 17 Januari 2014 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan dilingkungan Polri.

“Tugas dan tanggungjawab Wakapolres langsung diambil alih Kapolres, karena jabatan dimaksud masih kosong atau belum ada perwira pengganti” terang Saut seraya berujar rolling jabatan merupakan hal biasa sebagai bentuk penyegaran ditubuh Polri.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster