Disdikpora Dipindahkan ke KM 5

 168 total views,  4 views today

*Pemkot Siapkan Rp 6 M

kabar-sumatera--romi-herton

Romi Herton – Walikota Palembang : Foto Google Image

PALEMBANG, KS – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, akan memindahkan kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang selama ini berada di Jl. DR. Wahidin, Palembang akan dipindahkan di Jalan Srijaya Negara, Km 5, Palembang.

Rencana itu disampaikan oleh Wali Kota Palembang, Romi Herton yang dibincangi usai meninjau pembangunan gedung Palang Merah Indonesia (PMI) di Candika, KM 6 Palembang, Senin (26/1).

Menurut Romi, nantinya kantor Disdikpora tersebut akan berdiri diatas lahan seluas 2,5 hektar.  Untuk pembangunan kantor Disdikpora itu, Pemerintah Kota (Pemkot) sebut Romi, akan menganggarkan dana Rp 6 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang.  “Nanti kantor Disdikpora tersebut, akan terintergrasi dengan Museum Balaputra Dewa,” ucap Romi.

Sementara itu untuk pembangunan gedung PMI sambung Romi, pemkot menganggarkan dana Rp 4 miliar. “Untuk pembangunan gedung PMI, akan mulai dibangun  tahun ini. Sehingga tahun ini, PMI sudah memiliki gedung baru,” tegas Romi.

Ia menjelaskan, gedung PMI tersebut berada di lahan seluas 2,5 hektar. Romi meminta pembangunan gedung PMI itu, jangan sampai merusak alam di lingkungan tersebut.  “Jangan sampai merusak alam, yang sudah hijau. Tidak ada pohon yang ditebang, nantinya area yang akan dibangun harus ada kolam rentensi untuk resapan air,” ucapnya.

Selain itu, Romi menyebutkan, dalam proses pembangunan ke dua gedung tersebut, tidak boleh ada penimbunan. “Semua bangunan milik pemerintah, tidak ada yang melakukan penimbunan tanah. Kalau memang harus berdiri di atas air, harus mengunakan pilar sebagai pondasi bangunan,” tegasnya.

Pembangunan mengutamakan kelestarian alam ini, menurut Romi diadopsi kebijakan pembangunan orang tua terdahulu. “Kita harus tunduk dengan alam,  jadi pembangunan jangan melawan alam, kerena bencana disebabkan oleh kerusakan alam,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, pihaknya telah menyusun Detail Engenering Desain (DED). Direncanakan pembangunan kantor Disdikpora, akan dimulai tahun depan. “Gedung baru itu nantinya, akan memiliki empat lantai, yang pembangunannya akan dimulai tahun 2015 mendatang,” ujarnya.

Bagaimana dengan kantor Disdikpora saat ini ? Zulianto menyebut, kantor Disdikpora saat ini nantinya akan di fungsikan sebagai pusat kegiatan pemuda dan olahraga.  “Gedung yang lama akan tetap di manfaatkan,  jadi tidak sia-sia,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster