Pramuka Tekan Kenakalan Remaja

 486 total views,  2 views today

  • Juara Bergilir Diraih SMK 2 dan MTS 2 Palembang
Foto-SEcond---Anngota-Pramuka-SMK-2-foto-bersama-usai-memenangi-lomba-Pramuka

Anngota Pramuka SMK 2 foto bersama usai memenangi lomba Pramuka. / Foto : Bubun Kurnadi /KS

PALEMBANG, KS – Aklani Riduan, Ketua Kwartir Pramuka Cabang Kota Palembang menyebutkan, sesuai peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan sesuai implementasi kurikulum 2013, pramuka wajib dimasukan dalam ekstra kurikuler wajib di sekolah.  Berharap pramuka dapat menekan berbagai bentuk kenakalan pelajar atau remaja.

“Kegiatan pramuka di kalangan pelajar hendaknya dapat kita tingkatkan dan dijadikan pemacu semangat untuk lebih aktif lagi di pramuka. Juga untuk meningkatkan kedisiplinan di kalangan pelajar itu sendiri,” demikian kata Aklani Riduan.

Sambung Aklani, pramuka harus bisa melihat dengan jeli apa saja potensi yang dimiliki anngotanya termasuk para pelajar. Itu merupakan tugas pembina pramuka dalam membina pramuka di sekolah masing-masing.

“Dan, dengan adanya kegiatan positif di pramuka, kita juga bisa meminimalisir tingkat kenakalan remaja, seperti tawuran dan narkoba,” cetus Aklani.

Sebagai bentuk kepedulian pramuka terhadap pelajar atau remaja, Ahad (26/1) digelar lomba pramuka yang digelar di SMA Negeri 11 Palembang.  Walhasil, untuk lomba kegiatan Aurora Scour yang diikutu sebanyak 1.175 sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) se-Sumsel dimenangi SMK 2 Palembang dan MTsN 2 Palembang. Dua sekolah ini berhak memboyong piala bergilir.

Ketua pelaksana, Muhammad Abib mengatakan, dalam kegiatan ini berbagai perlombaan di adakan seperti, baris berbaris, morse, prionerring, kemampuan indra manusia dan melukis di atas mug dan sandal, serta orasi.

“Kegiatan Aurora scourt ini merupakan kegiatan kepramukaan yang telah di terapkan di luar negeri, sehingga untuk meningkatkan mutu di pramuka maka kita coba mengangkat tema ini,” katanya.

Sebut Abib, dengan Aurora Scourt ini diharapkan akan dapat meningkatkan untuk tingkat penggalang dan tingkat penegak yang setia, elok, tangguh, inovatif, dan amanah.

“Dengan adanya kegiatan ini, pelajar jadi tahu sejauh mana skill mereka, dan juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengasah dalam menambah pengetahuan tentang kepramukaan, sehingga jika terasa merasa kurang, kita bisa belajar dengan cara memperhatikan skill dari sekolah lain,” ujarnya.

Seorang peserta dari SMA Negeri 1 Inderalaya, Respa Agung Perdana mengatakan, sebelum mengikuti perlombaam ini, tim sekolahnya telah menjalani latihan selama sebulan penuh, dan itu dilakukan seusai jam sekolah.

“Dengan adanya perlombaan ini, kita jadi tahu kemampuan kita itu seperti apa. Karena tim dari sekolah lain juga memiliki peluang yang sama besar untuk menjadi juara”, uajrnya.

Kata Respa, selain juara banyak manfaat yang bisa kita dapati dari kegiatan kepramukaan ini, yakni menambah kedisiplinan dan tanggung jawab. Di harapakan dengan lomba ini, tidak hanya di sekolah kita disiplin tetapi juga di kehidupan sehari-hari.

 

TEKS:BUBUN KURNIADI

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster