Memacu Gerakan Keselamatan Berlalulintas

 146 total views,  2 views today

POLRES-KOTA-PAGARALAM

Polres Kota Pagaralam. / Foto : Google Image

PAGARALAM, KS – Upaya pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia. Untuk itu,  diimbau agar masyarakat bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. Demikian dkemukakan Kapolres Kota Pagaralam AKBP Saut P Sinaga di Alun-alun Utara, Kota Pagaralam, Ahad  (26/1).

Menurut Kapolres, sejauh ini pengguna lalu lintas tidak sedikit yang masih belum memiliki kesadaran saat berada di jalan raya. Mulai  dari memakai kendaraan dengan tidak memakai helm, spion, light on,  sabuk pengaman maupun tidak dilengkapi surat menyurat kendaraan. Padahal hal itu sebetulnya tidak menumbuhkan kesadaran akan keselamatan diri sendiri terlebih lagi keselamatan orang lain.

“Intinya tidak siap atau belum melaksanakan tri (tiga) siap yaitu siap naik menaati peraturan lalu lintas, siap kondisi saat berkendara serta siap kondisi kendaraan bermotornya,” terangnya.

Saut menambahkan, kegiatan ini dicanangkan serentak di seluruh Indonesia dengan melibatkan sejumlah polisi sahabat anak (polsanak) dari TK dan PAUD, para pelajar, dan semua lapisan masyarakat. Ia mengatakan, diharapkan agar program ini dapat semakin optimal dalam meningkatnya kesadaran masyarakat saat mengendarai kendaraan di jalan raya.

“Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas diinisiasi oleh Kepolisian RI (Polri). Gerakan ini berangkat dari program Dekade Aksi Keselamatan Jalan yang diimplementasikan melalui Inpres Nomor 4 Tahun 2013. Seruan aksi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan berlalu lintas,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni sangat mendukung tegaknya disiplin lalu lintas di Pagaralam. Ia mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat juga dapat menjadi pelopor kegiatan ini.

“Kita mulai program ini dari diri kita sendiri terlebih dahulu, kemudian baru yang lainnya,” ujarnya singkat.

Pantauan di lapangan, dalam kegiatan  itu Kapolres kota Pagaralam, AKBP Saut P Sinaga, sempat  menyematkan PIN duta keselamatan berlalu lintas kepada Walikota Pagaralam Hj. Ida Fitriati Basjuni beserta unsur Muspida mulai dari Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani SE, Pabung Dandim 0405 Lahat Mayor Heribertus, Ketua Pengadilan Negeri maupun perwakilan dari Kejaksaan Negeri.
TEKS:ANTONI STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster