Stok Darah RSUD Kayuagung Minim

 186 total views,  2 views today

stock-darah


Foto : Google Image

KAYUAGUNG I KS – Selama ini keberadaan  Laboratorium Darah di RSUD Kayuagung dinilai tak berfungsi maksimal, lantaran stok darah yang dibutuhkan pasien sering kosong. Hal ini sangat meresahkan pasien terutama bagi yang mendesak membutuhkannya, untuk bisa mendapatkan stok darah terpaksa keluarga pasien membelinya di PMI Palembang.

Minimnya kesadaran masyarakat yang mendonorkan darahnya menyebabkan permasalahan ini terus berlarut larut tak ada penyelesaian. Melihat kondisi ini Bupati OKI, Iskandar SE, meminta pihak rumah sakit untuk lebih aktif dan rutin melakukan donor darah sehingga Kabupaten OKI akan memiliki banyak stok darah. Bila tersedia stok, nantinya OKI bisa surplus darah dan mampu menyumbang ke daerah lain.

“Jadi saya himbau kepada Dinkes OKI, RSUD Kayuagung dan instansi lainnya yang membidangi hal ini untuk aktif lagi mencari stok darah,” kata Iskandar di hadapan Kepala Dinkes OKI dr H Mgs Hakim MKes dan Direktur RSUD Kayuagung dr H Nazori SpOg saat menghadiri Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (Persi) di Aula RSUD Kayuagung, Jumat (24/1)

Dijelaskannya, setetes darah sangatlah berarti bagi warga yang menderita sakit dan membutuhkan bantuan dan tambahan darah. Tanpa memiliki stok darah, akan sulit bagi tim medis dalam memberikan pelayanan kesehatn bagi si pasien itu.

Lebih jauh dikatakan Iskandar, impiannya kabupaten ini menjadi daerah surplus darah sehingga mampu mengcover seluruh pasien yang membutuhkan tambahan darah. Bahkan katanya, bukan tidak mungkin RSUD Kayuagung akan berbagi darah kepada rumah sakit lainnya yang membutuhkan darah.

 

TEKS:DONI AFRIANSYAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster