Mengawal Hingga Sekolah

 218 total views,  2 views today

Mustaqien-Eska

Mustaqien Eska

PALEMBANG KS – Sastra memberikan wawasan umum tentang yang manusiawi, sosial, maupun intelektual, dengan caranya yang khas. Pembaca sastra dimungkinkan untuk menginterpretasikan teks sastra sesuai dengan wawasannya sendiri. Sastra pun dapat dipergunakan membentuk pendidikan karakter.

“Makanya jangan sampai kesucian bersastra itu dikotori dengan kapitalisme. Kita bisa lihat betapa banyak potensi karya sastrawan yang melahirkan karya. Namun, apakah karya itu dikotomi atau tidak?,” kata Mustaqiem Eska, seorang pelaku sastra.

Agar nilai karya sastra tidak dihujam oleh kapitalisme, lanjut Mustaqien, pentingnya membawa sastra dan sastrawan masuk sekolah. Apalagi dengan pelajaran bahasa Indonesia selama ini, murid sudah memiliki dasar berbahasa yang baik sehingga bisa berimajinasi secara bebas namun tetap pada kerangka berpikir rasional.

“Dengan berkembang pesatnya karya sastra di Indonesia, penting pula para guru dan murid dikenalkan dengan literatur karya sastra terbaru,” katanya.

Sehingga dengan begitu, karakter murid akan terbentuk melalui apresiasi sastra. Dasar Hukum Pengajuan Sastra Masuk dalam Kurikulum Sekolah 2014: 1. UUD 1945 sebagai dasar hukum Republik Indonesia menjelaskan sebagai berikut: Pasal 28B Ayat 2 Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. 2.

Pasal 28C Ayat 1 Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.

“Ya, yang kita harapkan adalah pemerintah dapat memasukkan pelajaran sastra yang terpisah dari pelajaran Bahasa Indonesia ke dalam “Master Plan” Pendidikan Nasional Indonesia,” katanya.

 

TEKS:RINALDI SYAHRIL

EDITOR:IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster