Desa Bakal Bergelimang Uang

 304 total views,  2 views today

yan-Anton-Ferdian

Yan Anton Ferdian. / Foto : Google Image

BANYUASIN, KS –  Desa-desa di Kabupaten Banyuasin, kedepannya bakal bergelimang dengan uang. Setidaknya itu yang tersirat dari pernyataan Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian. Menurut Yan, setiap desa di Bumi Sedulung Setudung itu, akan menerima sejumlah dana bantuan untuk percepatan pembangunan di desa.

Bantuan pertama datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin sendiri. “Pemkab siap melaksanakaan program Rp 500 juta. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, akan segera menggelontorkan program satu desa Rp 500 juta. APBD Banyuasin, sudah disahkan DPRD. Artinya, program itu tinggal di jalankan,” kata Yan yang dibincangi usai usai melantik 37 Kepala Desa di Desa Galang Tinggi, kemarin.

Selain itu, setiap desa di Banyuasin pun tahun ini akan mendapatkan dana Rp 100 juta. Dana itu, adalah dana bantuan desa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel). “Saya dapat kabar, kalau dana bantuan gubernur untuk tahun ini, naik. Tahun lalu dana bantuan gubernur Rp 50 juta, tahun ini akan naik menjadi Rp 100 juta,” bebernya.

Kemudian desa pun sambung Yan, akan mendapatkan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 1 miliar. Dana itu dikucurkan, sering dengan telah disahkannya Undang-Undang (UU) Desa. “Kami berharap dana tersebut, dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis, kami juga berharap kepada BPD untuk mengawasi dan membantu tugas dari kepala desa” ujarnya.

Lantik 37 Kades

Sebelumnya Yan Anton, melantik 37 Kepala Desa (Kades) dari lima kecamatan di Kabupaten Banyuasin. Pelantikan tersebut di pusatkan di lapangan Desa Galang Tinggi, Kecamatan Banyuasin III.

Dalam sambutannya, Yan menyebut, pelantikan tersebut adalah awal bagi kades, untuk menjalankan roda pemerintahan di desa. “Hari ini merupakan hari awal perjuangan para kades, dalam memperjuangkan kemajuan di desanya masing-masing. Karena itu, kami berharap dapat merangkul seluruh elemen masyarakat yang ada di desa masing-masing,” pesan Yan.

Yan juga meminta semua kades, dapat dapat mengayomi seluruh masyarakat yang ada di desa masing-masing, tanpa memandang siapa yang memilih dan tidak memilih. “Karena semuanya merupakan rakyat yang harus di sejahterakan. Jangan memandang kebelakang atau mengingat yang sudah terjadi. Kita harus memandang kedepan, guna membangun daerah, dengan cara saling bahu membahu bekerjasama dengan BPD dan seluruh elemen masyarakat yang ada didesa untuk membang Desa bersama-sama” tandasnya.

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster