Usaha Wajib Miliki Dokumen Amdal

 239 total views,  4 views today

PAGARALAM KS-Upaya merawat keasrian lingkungan dari berbagai dampak pencemaran, sejumlah bidang usaha mulai dari infrastruktur, perkebunan, industri, Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Kesehatan, dan Klinik Bersalin, Menara/Tower GSM, RPH dan SPBU wajib memiliki dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Demikian dikemukakan Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Pagaralam, Drs Hermawan MM, kepada wartawan, Rabu (22/1).

Menurutnya, kewajiban tempat usaha memiliki Amdal ini sesuai Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan.

“Ketentuan undang-undang ini, semua tempat usaha wajib untuk dilakukan pengawasan secara seksama dan detil, sehingga nantinya lingkungan tidak akan tercemar dan dapat selalu terjaga,” katanya.

Lanjutnya, sebagai langkah pengawasan, BPLH Kota Pagaralam telah melakukan pendataan tentang usaha dan/atau kegiatan yang wajib memiliki Dokumen Lingkungan Hidup baik AMDAL, UKL-UPL, maupun SPPL yang dibuat dalam bentuk dokumen serta melakukan Pembinaan dengan cara menerbitkan Surat Edaran Walikota Pagaralam No 660/244/BPLH/PP-1/VI/2012 tanggal 03 Juli 2012 tentang Penyusunan Dokumen AMDAL, UKL-UPL, SPPL, dan Izin Lingkungan.

”Berbagai upaya pengawasan dan pembinaan terhadap tempat usaha yang wajib memiliki Amadal saat ini terus genjar dilaksanakan, diharapkan kedepan angka pencemaran dapat ditekan sedemikian rupa,” ujarnya.

Ia mengatakan, bila mana dalam jangka waktu tertentu Pemrakarsa (pelaku usaha) tidak memiliki Dokumen Lingkungan Hidup, maka akan diberikan sanksi secara bertahap atau bertingkat.

”Sanksi yang pertama berupa Teguran Tertulis, Paksaan Pemerintah, Pembekuan Izin Lingkungan, dan bila tidak juga diindahkan, maka akan dilakukan Pencabutan Izin Lingkungan,” tegasnya

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster