Pagaralam Musim Pencurian Kabel Telkom

 450 total views,  2 views today

Ilustrasi Kabel | Antarafoto.com

Ilustrasi Kabel | Antarafoto.com

PAGARALAM KS-Memasuki musim sepi (Paceklik-red) diiringi banyaknya petani yang mengalami gagal panen, di Bumi Besemah ini mulai marak aksi pencurian. Misalnya pencurian kabel telepon milik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Cabang Pagaralam, akhir-akhir ini acap kali terjadi.

Padahal, kabel yang baru dipasang tiga hari akibat pencurian di Kompleks Muhammadiyah Kauman, Kelurahan Besemah Serasan, Pagaralam Selatan kembali lagi dicuri. Bahkan yang lebih parah lagi, kabel yang dicuri lebih panjang dari pencurian yang lalu.

“Bulan lalu kabel yang dicuri baru dipasang yang baru dan didatangkan dari Palembang, sekarang sudah hilang lagi bahkan lebih banyak,” ungkap Surono, Supervisor Plasa Telkom Pagaralam, Rabu (22/1).

Menurut Surono, akibat ulah  pencuri kabel tersebut, pihak Telkom mengalami kerugian materi yang tidak sedikit. Jika sebelumnya pada bulan lalu telkom kehilangan 40 pelanggan yang terputus jaringan teleponnya, kini sebanyak lebih 60  lagi pelanggan telkom yang terputus jaringannya.

Ia mengatakan, pihaknya kembali kehilangan kabel Telkom sepanjang 350 m di sepanjang Tebing Kapur sampai ke arah Kecamatan JaraiKabupaten Lahat sekitar dua bulan lalu. Selain itu kehilangan kembalidialami PT Telkom akibat kabel sepanjang 400 m juga digondol pencuri di sekitar kawasan Jambat Beringin, Pagaralam Utara. Seperti pencurian di Kauman, pencurian di daerah ini pun merupakan pengulangan karena di tempat yang sama pada tahunlalu juga terjadi.

“Akibat kejadian tersebut, pihak Telkom mengalami kerugian yang tidak sedikit. Total kerugian mencapai jutaan rupiah,” terangnya seraya berujar akibat aksi dimaksud kami bisa kehilangan banyak pelanggan, karena pelanggan telekom sekarang mayoritas berada di daerah perkotaan termasuk pula pelanggan di Tanjung Sakti dan Jarai sudah banyak yang tidak berlangganan lagi akibat seringnya kabel telekom dicuri.

Lanjutnya, pencurian di Kauman, awalnya tidak diketahuinya dengan pasti, karena pihaknya menyangka hanya kerusakan jaringan biasa. Tetapi setelah salah seorang pelanggan melaporkan dan diperiksa barulah diketahui kabel udara sudah terpotong.

“Begitu juga dengan di Jambat Beringinketika kami cek ke lapangan kabel tanah sepanjang sekitar 50-60 meter sudah lenyap,” kata Surono.

Atas kejadian tersebut, pihak telepon sudah melaporkan hal itu kepada pihak berwajib. “Sudah kita laporkan kejadian itu kepada polsek, semoga polsek dapat meringkus pencuri itu, karena kami resah terhadap mereka, sudah beberapa kali kami kehilangan kabel, dan untuk menggantinya harus menunggu kiriman dari Palembang atau Bengkulu,” ujarnya.

Kata Surono, pihak telkom menghimbau kepada masyarakat agar dapat memberikan informasi jika ada kejadian dan agar berperan serta mengamankan aset bersama tersebut.

“Kalau bisa masyarakat juga berperan untuk mengamankan kabel telepon yang berada di wilayahnya, karena itu bisa berdampak ke masyarakat juga,” katanya seraya berujar pihaknya juga mengimbau agar pihak kepolisian dapat menuntaskan masalah yang terus berulang ini karena ini menyangkut kepentingan publik dan agar tidak meresahkan karena pencurinya tidak kunjung ditangkap.

Terpisah, Kapolres Pagaralam AKBP Saut P Sinaga melalui Kapolsek Pagaralam Selatan Iptu Wantoro membenarkan adanya laporan pencurian kabel telkom tersebut. Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya mengembangkan kasus ini dan berjanji secepatnya menuntaskannya.

“Sejauh ini kita tengah mempelajari dan mengembangkan kasus ini,” ujarnya singkat.

 

TEKS         : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster