KPU Lamban Tertibkan Atribut Caleg

 143 total views,  2 views today

Ilst. Antaranews.com

Ilst. Antaranews.com

PAGARALAM KS-Melalui desakan berbagai pihak terutama rekomendasi dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), melihat banyaknya pemasangan alat peraga milik calon anggota legislatif (caleg) dan partai politik (parpol).  Mulai dari pemasangan baleho, spanduk, stiker dan atribut lain yang bertebaran tidak sesuai aturan akhirnya membuat pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam gerah juga.

“Kita akan melayangkan surat teguran kepada parpol  untuk menurunkan baleho, spanduk dan atribut lain yang tidak sesuai aturan. Kami beri kesempatan tiga hari setelah dilayangkan surat tersebut untuk ditertibkan sendiri,” ujar Ketua KPU Kota Pagaralam, Hendri, Rabu (22/1).

Ucapnya, bila dalam waktu tiga hari surat tersebut masih saja tidak diindahkan, pihaknya terpaksa akan meminta bantuan kepada pihak terkait dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) guna melakukan penertiban.

“Jika tetap membandel, kita akan libatkan Satuan Polisi Pamong Praja untuk pelaksanaan penertiban,” katanya.

Hendri mengakui, sejauh ini banyak desakan masyarakat terutama hasil rekomendasi dari Panwaslu terkait pelanggaran tersebut. ”KPU berjanji akan segera menuntaskan permasalahan sehubungan atribut kampanye ini,“ terangnya seraya berujar di sisi lain pihaknya juga meminta kesediaan parpol nantinya menyepakati aturan main yang berlaku.

Terpisah, Ketua Panwaslu Kota Pagaralam, Haidir Murni SH melalui anggota Divisi Pengawasan Sahlan SH mengatakan, pihaknya telah berulangkali mengirimkan surat rekomendasi dan laporan baik lisan maupun tertulis kepada KPU Pagaralam. Namun hingga kini para komisioner tersebut setelah dilantik, dinilai tidak ada gerakan  berarti guna menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

“Hingga kini kita sudah sampaikan dengan tegas bahwa banyak pelanggaran yang dilakukan baik para  calon anggota legislatif (caleg) maupun partai politik (parpol),” kata Sahlan.

Lanjutnya, apabila aparat pemerintah daerah dan keamanan hanya ‘menyimpan’ rekomendasi itu dalam laci, maka mereka sudah dipastikan tidak akan bisa berbuat banyak.

“Banyak orang yang tidak mengerti. Ketentuan ini tertulis dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2013,” sebutnya seraya menambahkan selama ini Panwaslu bahkan sudah menginstruksikan hingga ke Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk senantiasa melakukan pengawasan dan mencatat semua pelanggaran.

Sementara itu, Hengki Biantoro, Ketua Panwascam Pagaralam Selatan mengatakan, bahwa seluruh PPL di wilayahnya sudah digenjot untuk melakukan tugasnya.

“Kita sudah sangat banyak merekomendasikan terkait adanya sejumlah laporkan yang ditujuhkan  ke Panwaslu Kota mengenai pelanggaran atribut ini,” kata Hengki sedikit menyayangkan.

Kasat Pol PP Kota Pagaralam, Drs Bhakti N mengatakan, pihaknya siap bila memang penertiban atribut harus dilakukan. “Sebagai penegak perda, kami siap melakukan penertiban, apalagi jika memang KPU berkoordinasi dengan kami,” ujarnya singkat.

 

TEKS         : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster