Kapolres OI : Siap Kawal Pesta Demokrasi

 263 total views,  2 views today

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat didampingi Kabagops Kompol Samosir dan Kasat Sabhara AKP Ketut Bagia saat melakukan pengecekan puluhan senjata

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat didampingi Kabagops Kompol Samosir dan Kasat Sabhara AKP Ketut Bagia saat melakukan pengecekan puluhan senjata

Siap Jaga Netralitas

INDERALAYA|KS-Kapolres Ogan Ilir, Ajun Komisaris Besar Polisi, Asep Jajat Sudrajat menegaskan, pihaknya beserta jajarannya siap mengawal pesta demokrasi dan menjaga netralitas guna mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

Hal tersebut ditegaskannya usai memimpin apel pengecekan terhadap sarana dan prasarana Polri jelang Pemilihan Legislatif (Pileg), April mendatang, di Halaman Mapolres OI, Rabu (22/1), kemarin.

“Ya, ini sudah komitmen kami untuk siap mengawal pemilu dan siap menjaga netralitas,” ujarnya didampingi Kasat Sabhara AKP Ketut Bagia.

Untuk perlengkapan, Kapolres mengakui, saat ini perlengkapan pengamanan masih banyak yang kurang. Meski demikian, pihaknya akan berupaya memperbaiki dan merawat agar barang-barang yanng dapat digunakan.

“Ya, kalau sekarang ini memang kurang perlengkapan kita, tapi kita akan berusahan memperbaiki dan merawat perlengkapan yang sudah ada,” tuturnya.

Kapolres menambahkan, selain mempersiapkan peralatan, pihaknya juga siap melakukan pelatihan baik teori maupun prakter kepada anggota terkait tata cara penanganan pemilu.

“Dalam teori kita berikan pelatihan cara-cara penanganan pemilu mulai dari pemantauan, pengamanan hingga jika terjadi huru-hara. Kita juga adakan prakteknya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kapolres, pihaknya juga melakukan sistem pengamanan kota, yakni berupa kamtibmas dengan terjun langsung ke masyarakat, ungkap kasus dan memberikan perlindungan keamanan kepada masyarakat.

“Ini tentunya harus dibantu dengan peran serta .masyarakat. Untuk pemilu, harus satu suara menunjukan ikrar pemilu damai. Kita juga tempatkan personil di masing-masing wilayah,” katanya.

Disinggung kekuatan pengamanan, Kapolres menjelaskan, pihaknya menerjunkan 2/3 kekuatan atau sekitar 300 anggota yang disiapkan melakukan pengamanan pemilu.

“Intinya semboyan kita, Polres OI dan jajarannya siap mengawal pesta demokrasi dan menjaga netralitas guna mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil,” pungkasnya.

Kasat Sabhara AKP Ketut Bagia menambahkan, besok (hari ini-red)pihaknya sudah mulai melakukan latihan praktek untuk pengamanan pemilu.

“Kita latihan tata cara penggunaan alat pengamanan serta senjata apabila mendesak dilakukan,” singkatnya.

Pantauan dilapangan, Kapolres AKBP Asep Jajat Sudrajat memimpin langsung apel tersebut dan dihadiri anggota baik reskrim, dalmas, Lantas dan para kasat.

Disela-sela apel, Kapolres langsung memeriksa langsung seluruh pelengkapan mulai dari mobil patroli, motor, perlengkapan pasukan Pengendalian Massa (Dalmas), senjata hingga senjata gas air mata.

 

Teks       : Junaedi Abdillah

Editor   : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster