BKPMD, Masih Banyak Usaha Tidak Miliki SITU

 244 total views,  2 views today

izin-usaha

PALEMBANG KS-Sampai dengan awal tahun 2014 ini, berdasarkan catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Palembang, masih banyak usaha gudang, maupun rumah toko (ruko) yang belum mengantongi Surat Izin Tempat Usaha (SITU).

“Memang benar masih banyak pengusaha yang belum mengurusi izinnya, padahal usaha tersebut beroperasional sudah cukup lama,”ungkap Kepala BKMD Palembang, Ridwan, Rabu (22/1).

Adapun lokasi usaha maupun gudang yang belum memiliki Situ, sebut Ridwan, berada di Kecamatan Kertapati Palembang, tepatnya di dekat simpang Musi II. Walaupun usaha tersebut sudah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), tapi Situ juga harus di buat.

“Kalau hanya IMB masih kurang, izin lainnya juga harus dilengkapi,”tegasnya.

Sambung Ridwan, saat ini pihaknya belum memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi, bagi pemilik usaha tersebut. Walaupun usaha tersebut sudah berjalan tanpa memiliki Situ.

“Agar mereka mengurus izinnya, kami lakukan pendekatan secara persuasif, dengan cara mendatangi tempat-tempat usaha yang belum miliki izin tersebut,”katanya.

Lebih jauh Ridwan menjelaskan, cara tersebut dinilai lebih efektif, tapi apabila sudah 3 kali tidak juga di gubris. Maka Peraturan Daerah (Perda) yakni Satpol PP yang akan bertindak.

“Cara misalnya, kami datang secara langsung menemui pemilik usaha, menghimbau agar segera buat SITU, jika belum berhasil juga, tiga hari berikutnya kami akan layangkan surat, sampai mereka membuat SITU tersebut, tapi jika tidak berhasil bukan tidak mungkin usaha tersebut bisa ditutup,”bebernya.

Ridwan menyebutkan, kawasan di Palembang yang banyak belum memiliki Situ adalah di Kecamatan Seberang Ulu (SU), Ilir Timur (IT) I dan IT II.

“Seperti di Kecamatan SU I, disana banyak sekali home industri, seperti kerupuk kemplang, usaha empek-empek. Kemungkinan besar usaha tersebut belum memiliki Situ,”sebutnya.

Ridwan menghimbau, bagi pemilik usaha dagang, jasa, bengkel, pergudangan maupun usaha lainnya di Metropolis segera mengurus Situ, jangan sampai tempat usahanya di tertibkan karena tidak berizin.

“Biaya yang dikeluarkan oleh pemilik usaha tersebut hanya satu kali, yakni ketika membuat izinnya, dan Situ tersebut berlaku untuk tiga tahun, jadi kami rasa itu tidak memberatkan,”tukasnya.

 

TEKS        : ALAM Trie Marsata

EDITOR  : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster