Ratusan Guru Ikuti Sosialisasi Adiwiyata

 304 total views,  2 views today

Ratusan Guru Ikuti Sosialisasi Adiwiyata

Ratusan Guru Ikuti Sosialisasi Adiwiyata

PALEMBANG|KS-Ratusan guru swasta dan negeri di Kota Palembang, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di kota Palembang, menghadiri sosialisasi pengisian dokumen adiwiyata yang diselenggarakan di aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palembang, Selasa (21/1).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, Ahmad Zulinto, S.Pd, M.M  mengatakan, perlu kesungguhan dari pihak sekolah terutama kepala sekolah untuk mendukung program adiwiyata.

“Jika memang bersungguh-sungguh prestasi adiwiyata pasti bisa diraih, tak hanya di tingkat nasional tapi juga di tingkat Asia,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi bagi peserta lomba adiwiyata 2014 agar dapat memenuhi kualifikasi pengisian dokumen dengan baik dan benar.. “Sekolah berwawasan lingkungan bukan hanya untuk sekolah negeri tapi seluruh sekolah baik negeri maupun swasta, sehingga setiap sekolah diwajibkan untuk memiliki lingkungan yang bersih dan sejuk,”ujar Zulinto.

Lanjutnya, lingkungan belajar yang bersih, kondusif, dan rindang membuat peserta didik dengan sendirinya akan merasa nyaman dan tentram. Diharapkan melalui kegiatan ini seluruh peserta sosialisasi dapat berpartisipasi dengan baik pada lomba Adiwiyata 2014.

“Guna diadakan sosialisasi pendataan data untuk sekolah Adiwiyata agar diseluruh Indonesia semua formatnya sama sesuai dengan standar. Apabila data-data tersebut diperlukan untuk hal-hal tertentu untuk pengusulan adiwiyata tingkat nasional atau mandiri file yang di kirim dapat dibuka dan dicek, dan kondisi sekolah juga dapat dilihat langsung tanpa harus kelapangan lagi,”ujarnya.

Ir. Rismawati Gathmyr, M.Eng selaku kabid pembinaan masyarakat informasi lingkungan dan pengembangan kapasitas BLK Prov. Sumsel mengatakan, pihaknya akan kelapangan apabila ragu dengan data yang telah dibuat. Penilaian adiwiyata dari pihak BLH Provinsi melalui usulan adiwiyata Kabupaten Kota, kemudian dari kabupaten akan dinilai apakah layak untuk di usulkan di tingkat provinsi. “Setelah dari tingkat provinsi barulah bisa diusulkan ke tingkat nasional,”katanya.

 

Teks         : Bubun Kurniadi

EDITOR : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster