Harga Daging Melambung

 368 total views,  2 views today

Penjual Daging

Penjual Daging

PALEMBANG, KS-Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Palembang Harrey Hadi menyebut saat ini harga daging di metropolis, melambung. Melambungnya harga daging itu menurutnya, disebabkan harga beli sapi hidup naik menjadi Rp 39 ribu per kilogram (Kg),  ari sebelumnya hanya Rp 34 ribu per Kg.

“Kenaikan harga sapi itu, karena kita harus mengimbangi harga beli sapi yang dilakukan pedagang-pedagang dari Jawa yakni sekitar Rp 34 ribu per Kg. Jika kita tidak mengimbangi, maka suplayer dari Lampung lebih memilih menjual sapinya ke Jawa dibandingkan ke Palembang,” jelas Harrey, Selasa (21/1).

Menurutnya, rata-rata berat sapi yang di beli dari suplayer kisaran 200-250 Kg per ekornya, dengan harga Rp 39 ribu per Kg. Ini sambungnya, belum ditambah dengan ongkos kirim yang juga tinggi sebagai akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, beberapa waktu lalu.

“Inilah kenapa harga daging di Palembang, melambung. Walau pun harganya tinggi namun kita bisa pastikan, kebutuhan daging untuk Palembang bisa dipenuhi. Tidak akan terjadi lagi kelangkaan, seperti beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Disinggung upaya apa yang diperbuat DP2K untuk menekan harga daging tersebut ? Harrey menjawab, pihaknya hanya bisa menghimbau kepada pedagang agar tidak menaikkan harga terlalu tinggi. “Kami juga meminta kepada masyarakat, tidak membeli daging dalam jumlah besar, karena hal tersebut membuat harga akan naik,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang daging di Pasar Kertapati, Palembang, Herman mengaku, saat ini pedagang menjual daging per Kg nya antara Rp 110 ribu sampai Rp 120 ribu.  “Sebelumnya kita menjual daging, dengan harga antara Rp 90 ribu sampai Rp 100 ribu per Kg nya. Namun sekarang harganya terpaksa naik, karena harga di agen juga sudah naik,”  tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster