Jeruk Impor Laris Manis

 227 total views,  2 views today

Penjual Buah

Penjual Buah

PALEMBANG | KS-Mendekati Tahun Baru Imlek 2565 yang jatuh pada 31 Januari 2014, permintaan buah di pasar tradisional di Kota Palembang  mengalami peningkatan.

Pedagang buah di Pasar Cinde, Herida , mengatakan, permintaan buah menjelang perayaan Imlek mengalami peningkatan hingga 50 persen.

“Mendekati Imlek banyak yang datang ke tempat ini untuk membeli buah. Rata-rata konsumennya adalah warga Thionghoa. Buah ini biasanya untuk persembahan,” ujar Herida,  kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Senin (20/1).

Dikatakannya, buah yang paling banyak dicari adalah jeruk, apel, anggur dan buah pir. Untuk harga buah sendiri, lanjut Herida, beraneka ragam, sesuai dengan jenis dan kualitas buah. Misalnya jeruk, ia jual dengan harga Rp25.000-Rp35.000 per kg, kemudian anggur dijual dengan harga Rp65.000 per kg.

“Jelang Imlek itu paling banyak jeruk super yang dibeli. Bahkan, permintaan jeruk super bisa mencapai kwintalan. Karena jeruk ini kan di datangkan langsung dari luar. Jadi kualitasnya buah tersebut sangat bagus dan rasanya enak,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Elisa, pedagang buah di Pasar 16 Ilir. Dirinya mengaku saat menjelang Imlek buah yang paling banyak di beli adalah jeruk. Meski didatangkan dari dalam negeri lokal.

Jeruk yang dijualnya itu tidak kalah dengan kualitas jeruk impor. “Biasanya paling banyak yang dicari itu jeruk ponkan dan mandarin. Karena rasanya manis dan cocok sebagai hidangan dalam perayaan Imlek,” paparnya.

Seorang konsumen, A Chu, mengakui  buah-buah tersebut selain digunakan untuk konsumsi juga sebagai persembahan untuk para Dewa. Biasanya, orang Tionghoa memiliki altar khusus yang ditempatkan dikediamannya yang dipercaya sebagai pelindung atau sebagai pemberi keselamatan.
“Meski sudah menganut berbagai kepercayaan, namun orang Tionghoa tetap memegang teguh kepercayaan mereka. Biasanya yang dipilih mereka adalah buah musiman seperti jeruk maupun apel,” terangnya.
TEKS       : AMINUDDIN

EDITOR : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster