Jembatan Talang Pipa Terancam Ambruk

 528 total views,  2 views today

Jembatan Talang Pipa, yang berada di Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),

Jembatan Talang Pipa, yang berada di Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),

PALI | KS-Jembatan Talang Pipa, yang berada di Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), kini terancam ambruk.

Pasalnya, beberapa bagian penyangga yang terbuat dari besi dan berada tepat di di bawah jembatan telah lapuk termakan usia, sehingga sangat berpotensi terjadinya ambruk.

Informasi yang berhasil dihimpun, jalan tersebut terakhir dilakukan rehab tahun 1997. Ironisnya, hingga saat ini belum menerima perbaikan, baik ringan maupun berat, sehingga sangat berbahaya bagi masyarakat yang melintas.

Beberapa bagian sudah mengalami jebol. Sedangkan, jalan ini sendiri merupakan jalan poros, untuk menuju Kabupaten Musi Banyuasin dan Musi Rawas.

Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM mengatakan di tahun 2014 ini, jembatan tersebut akan direalisasikan untuk ikut dilakukan perbaikan meskipun status jembatan tersebut merupakan milik perusahan PT Pertamina Field Pendopo.

“Ya, meski milik perusahaan, kita dari pemerintah Kabupaten PALI tetap akan melakukan perbaikan jembatan tersebut, karena jembatan tersebut berada di pusat kota dan dilalui masyarakat banyak,” ujarnya.

Yura, salah satu warga setempat mengatakan, sejak tahun 1997, jembatan tersebut selalu didatangi oleh orang-orang Dinas PU dari Kabupaten Muara Enim, yang melakukan pengukuran. Namun sesudah dilakukan pengukuran, tidak ada kelanjutanya, apakah akan direhab atau tidak.

“Hampir tiap tahun pak, jembatan ini selalu diukur. Yang kita bingung, usai diukur tidak ada kelanjutan, apakah mau diperbaiki atau tidak. Mudah-mudahan menjadinya kita sebagai Kabupaten PALI, perbaikan jembatan ini bisa segera terealisasikan secepatnya,” harapnya.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor        : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster