BI Fokus Kembangkan Wirausahawan

 257 total views,  2 views today

Karyawan Harian Umum Kabar Sumatera, Mengunjungi Bank Indonesia, Cabang Palembang ( Sumatera Selatan). Foto Iwan Cheristian.. 2

Jajaran Redaksi Harian Umum Kabar Sumatera, saat Mengunjungi Bank Indonesia, Cabang Palembang ,Sumatera Selatan (Senin 20,01,2013). | Foto Iwan : Cheristian.. 2

PALEMBANG KS-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VII Sumbagsel pada 2014 menargetkan sekitar 20-30 wirusahawan baru di Sumsel. Seiring dengan kebijakan yang dikeluarkan BI pusat untuk menciptakan setidaknya 500 wirausahawan baru secara nasional pada 2014.

“Nantinya kita akan melakukan seleksi terhadap calon wirausawan yang ingin mengembangkan bisnisnya, wirausaha yang terpilih akan kita bina dan berikan pendampingan,” kata Manajer Peneliti Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VII Sumbagsel, Sudarta, Senin (20/1).

Menurutnya, pembinaan wirausaha ini merupakan komitmen BI untuk mencipkan wirausahawan baru di Sumsel melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Melalui PSBI ini kata dia, BI juga akan memberikan bantuan modal usaha untuk calon wirausahawan baru sekaligus melakukan pendampingan untuk penyertaan modal dari perbankan lainnya.

“ Kalau modal dari BI saja mungkin tidak cukup makanya calon wirausahawan ini akan kita dampingi untuk penyertaan modal dari perbankan lainnya, ya kita bantu mereka untuk urus syarat-syarat pinjaman, berikut agunannya,”jelasnya.

Lebih lanjut Sudarta menjelaskan, pada 2013 lalu BI sudah membina sebanyak 20 wirausahaan baru. Namun hanya empat orang yang berhasil berkembang selebihnya tetap berjalan tapi belum berkembang. “Hanya 4 orang yang berhasil berkembang sementara yang lainnya ada yang tutup dan ada juga yang masih bertahan tapi perkembangannya belum signifikan,”ujarnya.

Selain program wirausahawan baru tersebut kata Sudarta, pihaknya juga memberikan bantuan berupa kebutuhan masyarakat secara langsung seperti biaya pendidikan, bantuan sosial dan sebagainya. “Kita berharap program-program yang dilaksanakan BI ini bisa mengangkat perekonomian masyarakat di Sumsel khususnya,”katanya.

Sementara itu, Salendra Kepala Divisi Ekonomi Moneter menerangkan,  tidak banyak masyarakat yang tahu program-program BI ini bahkan sebagian masyarakat banyak yang beranggapan BI ini tidak berpihak kepada masyarakat dengan menaikan suku bunga.

Padahal lanjut Salendra, di BI ini banyak sekali program-program yang menyentuh masyarakat seperti bantuan untuk UMKM. “ Kita juga melakukan pembinaan terhadap petani yang ada di kabupaten OKU Selatan, dengan menyumbang padi organik dan sekarang seluas 100Ha, yang saat ini sudah berjalan dengan baik,”jelasnya.

 

TEKS      : ROMI MARADONA

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster