Penjualan Tanaman Hias Meningkat 40%

 222 total views,  2 views today

Pedagang Bunga

Pedagang Bunga

PALEMBANG | KS-Sepanjang 2013, angka penjualan tanaman hias rata-rata mengalami kenaikan lebih dari 40%. Sejumlah pengusaha tanaman hias mengaku, angka penjualan yang naik itu tak terlepas dari tingginya permintaan konsumen sepanjang tahun lalu.

Indah, salah satu pengusaha tanaman hias di Jalan Soekaro-Hatta, Palembang, mengatakan, tahun lalu bisa jadi merupakan tahun yang paling menguntungkan dengan peningkatan angka penjualan yang tinggi.

“Tahun lalu memang merupakan peningkatan penjualan yang paling tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya,” katanya Minggu (19/1).

Biasanya, kata dia, angka penjualan dalam satu dekade terakhir sebelum 2013, hanya meningkat rata-rata 10% hingga 15%. Peningkatan dengan angka begitu sudah dianggap pengusaha sebagai keuntungan tersendiri.

Perkembangan sektor properti yang bergerak ke arah positif juga membawa dampak yang baik terhadap penjualan tanaman hias tersebut.

Erna, salah satu pengusaha tanaman hias yang tak jauh dari sana mengatakan, dengan banyaknya perumahan yang tumbuh, semakin banyak orderan yang masuk kepada mereka. “Makin banyak masyarakat yang memiliki rumah, semakin banyak yang membeli tanaman hias,” katanya.

Soal konsumen, dia mengatakan, sebagian besar konsumen mereka kebanyakan datang dari masyarakat kelas menengah ke atas. Itu karena harga tanaman hias saat ini lumayan mahal dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, konsumen kelas menengah ke atas biasanya memiliki kecenderungan untuk menghiasi rumah mereka dengan tanaman hias.

Meningkatnya angka penjualan itu turut mengerek omzet pengusaha. Dalam keadaan normal, omzet penjualan tanaman hias di Palembanh rata-rata berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 15 juta setiap bulan. Pada 2013 lalu, pengusaha bisa meraup omzet lebih dari Rp 20 juta setiap bulan.

“Jika diratakan, omzet kami bermain pada kisaran Rp18 juta hingga Rp 20 juta setiap bulan,” pungkasnya.

TEKS       : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster