Muba Siaga Satu

 181 total views,  2 views today

ILst. Antarafoto.com

Ilst. Antarafoto.com

SEKAYU, KS-Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), kini siaga satu terhadap kemungkinan banjir akan melanda kabupaten tersebut. Siaga satu ini, dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba, karena kondisi Sungai Musi dan Batang Hari Leko, debit air nya terus naik akibat hujan deras yang terus mengguyur kabupaten itu.

Karenanya masyarakat terutama yang berdomisili di daerah pinggiran sungai, dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya. Sebab menurut Wakil Bupati (Wabup) Muba, Beni Hernedi, kapan saja banjir bisa melanda.

“Saya minta masyarakat untuk waspada, dan saling memperingatkan. Jika banjir datang, masyarakat saya harap untuk saling gotong royong membantu saudaranya yang terkena musibah, sehingga kerugian materil dan korban jiwa bisa dihindarkan,” himbau Beni saat meninjau Desa Pengaturan, Kecamatan Batang Hari Leko, Minggu (19/1).

Beni menyebut, saat ini sudah ada beberapa desa di Muba yang mengalami musibah banjir diantaranya Desa SP 1, SP 2 dan SP 3 di Kecamatan Babat Supat. Kemudian Desa Peninggalan di  Kecamatan Tungkal Jaya dan beberapa desa di Kecamatan Sungai Lilin.

“Desa-desa yang terendam banjir itu, umumnya berada di daerah pinggiran sungai. Karenanya, kita minta masyarakat untuk terus waspada. Pemkab Muba sendiri, sudah mengeluarkan peringatan siaga satu,” tegas Beni.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muba melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Akhmad Fanfani Syafri menyebut siaga satu yang sudah dikeluarkan Pemkab Muba tersebut dikarenakan meluapnya Sungai Batang Hari Leko.

“Meluapnya Sungai Batang Hari Leko, sudah menyebabkan sejumlah desa terendam banjir. Kita sendiri, sudah menerjunkan tiga Tim Reaksi Cepat (TRC), untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan,” bebernya.

Dalam TRC tersebut sambungnya, terdiri dari enam personil. Mereka sebutnya, sudah diterjukan ke sejumlah daerah yang terkena bencana. BPBD pun sambungnya, terus berusaha menambah personil untuk membentuk TRC lainnya bekerjasama dengan kecamatan-kecamatan.

 

TEKS              : BAGUS SANTOSO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster