Jangan Pasang Atribut Kampanye di Pohon

 202 total views,  4 views today

Ilst. Antaranews.com

Ilst. Antaranews.com

PALEMBANG, KS-Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Palembang menghimbau, calon anggota legislatif (caleg) untuk tidak memasang atribut kampanye nya di pohon atau kawasan hijau, dan tempat-tempat yang dilarang seperti di jalan-jalan protokol.

Himbauan ini disampaikan Kepala Sat Pol PP Palembang, Tatatang DK Reja, mengingat banyaknya atribut kampanye seperti benner, dan spanduk milik caleg yang dipasang di pohon.

“Atribut itu, sering dipasang di pohon dengan cara di paku. Padahal itu, bisa membuat pohon menjadi mati. Ini bukan contoh yang baik, karena pohon merupakan daerah resapan air. Ini juga merusak penghijauan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang,” sesal Tatang ketika dibincangi, kemarin.

Ia menyebut, Pol PP akan menertibkan atribut kampanye milik caleg secara tegas, jika dipasang di pohon. Tindakan penertiban ini sambungnya, juga dilakuan terhadap atribut yang dipasang di kawasan “haram” atribut seperti jalan protokol.

“Sebenarnya kami, Badan Kesatuan Bangsa, Politik , dan Perlindungan Masyarakat Kesbangpol) maupun Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), sudah sering memperingatkan mereka, untuk tidak memasang atribut kampanye di kawasan yang dilarang. Namun masih saja ada yang melanggar,” ucapnya.

Untuk penertibannya tegas Tatang, Pol PP menerjunkan 120 personilnya yang dibagi dalam empat tim. Masing-masing tim tersebut bebernya, terdiri dari 30 personil. Mereka sebut Tatang, berpatroli setiap hari untuk menyisir atribut-atribut kampanye melanggar aturan dalam pemasangannya.

Jika ditemukan ada atribut kampanye milik caleg, yang melanggar maka akan langsung tertibkan. “Kita melakukan penertiban ini, berpegang pada Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 9 Tahun 2009 tentang Ketertiban Kota. Dalam aturan tersebut, ada beberapa kawasan yang di “haramkan” untuk dipasang atribut baik atribut kampanye, atribut ormas, OKP atau usaha. Misalnya kawasan jalan protokol,” imbuhnya.

Menjelang Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April mendatang, Sat Pol PP sambungnya akan semakin gencar melakukan penertiban atribut kampanye yang melanggar aturan. Menurut Tatang, ada sejumlah kawasan di Kota Palembang, yang selama ini dipenuhi atribut kampanye.

“Adapun lokasi yang sering di jadikan tempat pemasangan atribut kampanye ini adalah, Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara, Jalan Angkatan 45, kawasan Lemabang, dan masih banyak lagi tempat lainnya,”tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster